Hibata.id – Manajemen Rumah Sakit Otanaha buka suara menanggapi isu kerusakan fasilitas toilet yang sempat ramai dibicarakan di media sosial dan bahkan dilaporkan langsung kepada Wali Kota Gorontalo. Pihak rumah sakit membantah tudingan bahwa toilet tersebut dibiarkan rusak selama berbulan-bulan.
Kepala Bidang Penunjang RS Otanaha, Risna Rumampuk, mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan langsung ke lokasi usai laporan tersebut viral di media sosial. Hasilnya, toilet yang dimaksud dalam kondisi baik dan sudah diperbaiki sejak beberapa bulan lalu.
“Memang sempat rusak, tetapi sudah kami perbaiki tiga bulan lalu setelah menerima laporan dari pengguna,” kata Risna saat dikonfirmasi, Rabu (15/10/2025).
Menurut Risna, kerusakan terjadi berulang karena ulah pengguna yang tidak tertib membuang sampah ke dalam kloset. Pihak rumah sakit, kata dia, telah tiga kali melakukan perbaikan, termasuk memanggil petugas septic tank untuk memastikan saluran pembuangan tidak tersumbat.
“Ditemukan pembalut dan sisa makanan di dalam saluran. Itu yang menyebabkan toilet sering mampet,” ujarnya.
Ia memastikan bahwa manajemen rumah sakit selalu merespons setiap keluhan yang masuk, baik dari pasien maupun petugas internal. Seluruh fasilitas penunjang, kata Risna, juga dipantau secara berkala demi menjaga kenyamanan pelayanan.
“Kami berkomitmen menjaga standar pelayanan. Setiap laporan pasti langsung kami tindak lanjuti,” tegasnya.
Sebelumnya, sebuah unggahan di media sosial menyebutkan bahwa toilet di RS Otanaha rusak selama berbulan-bulan tanpa perbaikan. Unggahan itu kemudian menyita perhatian publik setelah dilaporkan langsung ke Wali Kota Gorontalo.
Pihak RS Otanaha berharap klarifikasi ini dapat meluruskan informasi yang beredar serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan fasilitas publik.













