Nasional

200 Ribu CPNS Langsung Kerja di IKN, Dapat Fasilitas Rumah

221
×

200 Ribu CPNS Langsung Kerja di IKN, Dapat Fasilitas Rumah

Sebarkan artikel ini
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjamin penyelesaian 7 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada semester I 2024. Dok Waskita
PT Waskita Karya (Persero) Tbk menjamin penyelesaian 7 proyek di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada semester I 2024. Dok Waskita/Hibata.id

Hibata.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas bakal mempersiapkan CPNS fresh graduate untuk langsung bekerja di IKN. Menurut perhitungan terakhir, nantinya ada sekitar 200.000 formasi CPNS lulusan baru di CASN 2024.

“Total itu ada formasi kurang lebih 200 ribuan untuk formasi ini CPNS, yang fresh graduate untuk pemerintah pusat. Itu sebagian besar akan dialokasikan untuk IKN, itu di seluruh kementerian/lembaga,” terang Anas di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu (31/1/2024).

“Sehingga dalam jangka panjang karena dari awal akan diumumkan untuk rekrutmen di IKN, mereka ke depan otomatis akan jadi ASN yang dioperasikan untuk di IKN,” ujar dia.

Baca Juga: Yuriko Kamaru, Pejuang Nasib Rakyat Bone Bolango Tanpa Pamrih

Namun, Anas menambahkan, tidak serta merta 200.000 CPNS fresh graduate tahun ini akan langsung ditempatkan di IKN. Sebab, ia ingin kepindahannya turut dipastikan dengan tersedianya hunian bagi para ASN.

“Jadi tinggal tunggu waktu, apakah mereka pindah tahun ini karena tempatnya sudah tersedia, atau tahun depan karena tempatnya belum tersedia. Dia tinggal tunggu saja,” imbuhnya.
Prioritas Masuk Ibu Kota Baru

Kendati begitu, ia menjamin para CPNS baru itu nantinya akan langsung diprioritaskan masuk ke ibu kota baru. Meskipun, Anas juga ingin memastikan para PNS tersebut harus memiliki rumah.

“Loh, tempatnya kan belum ada kalau langsung digeser, nanti menyesuaikan tempat. Misalnya, ada dari Kemenlu, Kemensesneg, kemudian kementerian lain. Sehingga mereka yang direkrut akan disiapkan di IKN,” tuturnya.

“Pasti pindah, 200 ribuan (CPNS fresh graduate) pasti pindah. Tinggal waktunya, tahun ini, tahun depan atau tahun yang akan datang, disesuaikan dengan tempat,” tegas Anas.

Untuk diketahui, hunian bagi PNS di IKN nantinya bukan dalam bentuk rumah tapak. Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah membangun 47 tower rusun ASN-Hankam.

Example 120x600