Kabar

Kemenkumham Gorontalo Prioritaskan Layanan AHU untuk Masyarakat

×

Kemenkumham Gorontalo Prioritaskan Layanan AHU untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Kemenkumham Gorontalo/Hibata.id
Kemenkumham Gorontalo/Hibata.id

Hibata.id – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Gorontalo menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Upaya ini, sebagai langkah strategis diambil untuk memastikan pelayanan yang cepat, tepat, dan transparan.

Salah satunya dalam hal pengurusan Administrasi Hukum Umum. Peningkatan kualitas pelayanan merupakan prioritas utama yang tidak bisa ditawar bagi Kemenkumham.

Baca Juga: Jika Lolos, Segini Gaji PNS Kemenkumham Berdasarkan Jenjang Pendidikan

“Kami memahami bahwa pelayanan yang prima adalah hak setiap warga negara. Oleh karena itu, kami berkomitmen untuk selalu memberikan yang terbaik,” kata Abdullah Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Kemenkumham Gorontalo.

Beberapa inovasi telah diterapkan untuk mendukung tujuan ini, termasuk digitalisasi layanan. Dengan sistem online yang lebih canggih, masyarakat kini dapat mengakses berbagai layanan hukum dan administrasi dengan lebih mudah dan cepat.

Baca Juga:  Tetap Waspada, Begini Update Cuaca di Gorontalo Menurut BMKG

“Digitalisasi ini memotong birokrasi yang berbelit-belit, sehingga masyarakat tidak perlu lagi menghabiskan waktu lama untuk mendapatkan pelayanan,” ujarnya.

Baca Juga: KPU Bone Bolango Gelar Rakor Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

Kepala Subbidang Administrasi Hukum Umum (AHU), Yuniar Kurniawaty mengatakan, Kemenkumham Gorontalo melakukan pelayanan terbaik. Prosedur pendaftaran badan hukum, pemanfaatan teknologi digital untuk layanan online.

Selain itu peningkatan kapasitas dan kompetensi petugas layanan. Kemenkumham juga menyediakan layanan konsultasi dan informasi secara langsung maupun melalui hotline khusus yang dapat diakses oleh masyarakat setiap saat.

Baca Juga:  Pemerintah Batasi Transfer Pulsa, Ternyata ini Alasannya

“Dengan adanya inovasi ini, diharapkan masyarakat Gorontalo, khususnya para pelaku usaha, dapat lebih mudah dalam mengurus administrasi hukum,” kata Yuniar Kurniawaty.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Gorontalo prioritaskan layanan/Hibata.id
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Gorontalo prioritaskan layanan/Hibata.id

Dirinya juga meminta, agar masyarakat juga berhati-hati saat mengurus AHU melalui Notaris. Sebab, ada oknum notaris yang kerap menggunakan kewenangannya untuk mengurus AHU tanpa sesuai prosedur.

“Saya berharap jika ada masyarakat yang merasa janggal dengan dokumen AHU, silahkan melapor ke kami di Kemenkumham Gorontalo,” ujarnya.

“Kami juga menyarankan, jika ada oknum notaris nakal, segera dilaporkan ke kami,” imbuhnya.

Tanggapan Warga

Salah satu warga, Sucipto Mokodompis, yang memiliki masalah terkait AHU usaha barunya, mengungkapkan rasa puasnya terhadap pelayanan Kemenkumham Gorontalo. Persoalan yang mereka alami terhitung sehari saja bisa langsung mendapatkan solusi.

Baca Juga:  Seleksi CPNS dan PPPK 2024 Bebas Titipan Orang Dalam

“Prosesnya jadi lebih cepat dan tidak ribet. Pelayanan juga sangat membantu. Semoga pelayanan seperti ini di Kemenkumham Gorontalo terus dipertahankan,”kata Sucipto.

Dengan adanya kemudahan layanan AHU ini, diharapkan masyarakat dapat lebih fokus pada pengembangan usaha dan kegiatan produktif lainnya. Tanpa harus terganggu oleh proses administrasi yang rumit.

“Kemenkumham Gorontalo terus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dan memberikan masukan yang konstruktif untuk perbaikan di masa mendatang,” ia menandaskan.

**Cek berita, artikel dan konten lainnya di GOOGLE NEWS
Example 120x600