Editorial

Cara Mengatur Keuangan Jelang Ramadan 2024

×

Cara Mengatur Keuangan Jelang Ramadan 2024

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Mengatur Keuangan Menjelang Ramadan/Hibata.id
Ilustrasi Mengatur Keuangan Menjelang Ramadan/Hibata.id

Hibata.id – Menjelang bulan suci Ramadan, banyak masyarakat yang mulai memikirkan pengaturan keuangan untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan selama bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri.

Dari kebutuhan pokok, zakat, hingga biaya untuk silaturahmi, semua memerlukan perencanaan keuangan yang matang agar tidak menimbulkan masalah keuangan di kemudian hari.

Baca Juga:

Tips Mengobati Sakit Kepala Dengan Cepat

Pemkot Gorontalo Akan Gelar Pasar Murah Jelang Ramadhan, Beras Komoditas Prioritas

Pilkada Bonebol, Merlan Uloli Masih Kuat Jika Tak Salah Pilih Wakil

Berikut adalah beberapa tips dari para ahli keuangan untuk mengatur keuangan menjelang Ramadan:

  1. Buat Anggaran Khusus Ramadan
    • Membuat anggaran khusus untuk bulan Ramadan adalah langkah awal yang penting. Catat semua pengeluaran yang diperkirakan akan terjadi selama Ramadan, termasuk biaya untuk makan sahur dan buka puasa, zakat, fitrah, serta anggaran untuk Lebaran.
  2. Prioritaskan Kebutuhan
    • Utamakan pengeluaran untuk kebutuhan dasar dan ibadah. Misalnya, alokasikan anggaran lebih untuk belanja bahan makanan yang diperlukan selama bulan puasa dan biaya untuk zakat atau sedekah.
  3. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting
    • Coba untuk mengurangi pengeluaran yang tidak terlalu penting atau bisa ditunda hingga setelah Lebaran. Hal ini akan membantu menjaga kestabilan keuangan Anda selama Ramadan.
  4. Manfaatkan Promo dan Diskon
    • Banyak toko atau supermarket yang menawarkan promo dan diskon besar-besaran menjelang Ramadan. Manfaatkan kesempatan ini untuk membeli kebutuhan Ramadan dan Lebaran dengan harga yang lebih murah.
  5. Siapkan Dana Darurat
    • Selalu siapkan dana darurat untuk kebutuhan yang tidak terduga. Misalnya, jika terjadi kerusakan pada kendaraan atau kebutuhan mendesak lainnya yang harus segera ditangani.
  6. Investasi untuk Keuangan Jangka Panjang
    • Jika Anda memiliki kelebihan dana, pertimbangkan untuk menginvestasikannya. Misalnya, dengan membeli emas yang nilainya cenderung stabil atau melakukan investasi lain yang sesuai dengan profil risiko Anda.
**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600