Penulis: Inkrianto Mahmud – Ketua Bidang Ekonomi dan Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Badan Koordinasi Sulawesi Utara – Gorontalo
Hibata.id – Saat ini budaya minum kopi sudah tumbuh menjadi salah satu gaya hidup masyarakat modern, mulai dari rasa aroma kopi menjadikan kopi sebagai minuman yang banyak dipilih.
Fore Coffee Indonesia dikenal dengan branding yang cukup kuat dan citra modern kekinian. Satu di antara gerai kopi di Indonesia, Fore Coffee Indonesia berhasil membangun identitas yang menyasar pasar anak muda di Indonesia khususnya di Gorontalo baru-baru ini.
Sebenarnya warung-warung kopi lokal di Gorontalo mampu menciptakan hal yang serupa diantaranya suasana kekinian dan penuh inovatif.
Gerai kopi tersebut penuh dengan stylish kekinian, suasanan yang nyaman, serta penggunaan kopi berkualitas tinggi. Warung kopi lokal di Gorontalo cenderung mengandalkan konsep yang lebih sederhana dan terkesan kurang modern.
Ekspansi dan Lokasi Strategis di Gorontalo
Hadirnya Fore Coffee Indonesia khususnya di Gorontalo, sebagai brand nasional tentu memiliki kemampuan untuk melakukan ekspansi yang lebih cepat dan membuka gerai-gerao di lokasi strategis.
Rata-rata, Fore Coffee Indonesia yang sering saya kunjungi di beberapa kota besar, lokasinya di wilayah strategis dan mudah untuk di kunjungi oleh masyarakat.
Di Gorontalo, Fore Coffee Indonesia berada di pusat perkotaan yang wilayahnya cukup strategis pada kawasan yang sering di kunjungi anak muda.
Di Gorontalo banyak warkop lokal yang terbatas dalam hal lokasi dan lebih mengandalkan keberadaan mereka di lingkungan sekitar atau tempat-tempat yang kurang memiliki trafic pelanggan yang tinggi.
Meski begitu, di beberapa gerai warung kopi lokal sering dikunjungi walaupun tempat yang tidak begitu strategis.
Warung Kopi Lokal Gorontalo
Warkop lokal Gorontalo kini hadir harus bersaing dengan gerai kopi nasional yang membawa konsep baru dalam dunia perkopian. Pelanggan yang telah terbiasa dengan standar kualitas kopi di gerai-gerai kopi besar, kini mengharapkan kualitas yang serupa di warkop lokal Gorontalo.
Tren konsumsi kopi di Gorontalo mulai berubah dengan hadirnya gerai-gerai warkop nasional. Masyarakat kini mulai beralih dari kopi tradisional (seperti kopi hitam atau kopi susu) menuju jenis kopi yang lebih beragam, seperti kopi spesialti (specialty coffee), kopi dengan varian rasa, maupun minuman kopi berbasis es.
Banyak warkop yang mengandalkan model bisnis tradisional dan belum mampu beradaptasi dengan perubahan tren konsumsi yang semakin mengarah pada pengalaman yang lebih modern dan praktis.
Padahal, menu yang disajikan oleh Fore Coffee Indonesia seperti varian kopi yang rasa premium dan minuman non-kopi dapat menarik segmen pelanggan di Gorontalo.
Pemasaran Digital
Dengan menjamurnya warung-warung kopi diberbagai tempat terutama di Gorontalo. Secara nyata, Fore Coffee Indonesia ini unggul di dalam melakukan pemasaran digital dan strategi media sosial yang efektif dan efesien.
Pemasaran digital ini pernah saya tulis di dalam penelitian Tesis S2 dengan judul Inovasi Radikal UMKM kedai usaha kopi di Kota Gorontalo, dari 124 sampel usaha kedai kopi yang diteliti, 60% tidak efektif menggunakan platform media sosial seperti Instagram, TikTok, Facebook dan Influencer sebagai ujung tombak menarik konsumen untuk mengunjungi gerai usaha kopi tersebut. Masih mengandalkan promosi secara offline dan terbatas, yang membuat jangkauan pasar mereka menjadi sempit.
Sejak awal, mereka menawarkan sistem pemesanan melalui aplikasi, serta sistem pembayaran digital yang memudahkan pelanggan.
Fasilitas Wi-Fi gratis yang cepat dan suasana yang nyaman juga membuat pelanggan betah berlama-lama di kedai mereka, menjadikan Fore Coffee Indonesia sebagai tempat ideal untuk bekerja atau bersantai.
Banyak warkop lokal, di sisi lain, yang belum memanfaatkan teknologi dalam operasional mereka, yang membuat pengalaman pelanggan terasa kurang optimal.
Apa Dampak Positif bagi Warkop Lokal Hadirnya Fore Coffee Indonesia?
Meskipun persaingan semakin ketat, kehadiran gerai-gerai kopi nasional juga bisa memberikan dampak positif bagi warkop lokal di Gorontalo. Dengan semakin banyaknya orang yang mulai menikmati kopi berkualitas, permintaan terhadap kopi juga meningkat.
Ini bisa menjadi peluang bagi warkop lokal untuk memperkenalkan produk kopi mereka yang mungkin lebih sesuai dengan selera lokal atau menggunakan bahan-bahan lokal yang khas salah satunya adalah kopi lokal Pinogu. Fore Coffee Indonesia mesti menyajikan kopi lokal khas Gorontalo Pinogu di dalam varian menu yang ada.
Odu’olo Po’odata.