Kabar

Harga Cabai Rawit Anjlok, Justru Harga Tomat Melambung Tinggi

×

Harga Cabai Rawit Anjlok, Justru Harga Tomat Melambung Tinggi

Sebarkan artikel ini
Harga bahan pokok di Gorontalo Melonjak drastis jelang Idul Adha/Hibata.id
Harga bahan pokok di Gorontalo Melonjak drastis jelang Idul Adha/Hibata.id

Hibata.id – Setelah akhir tahun 2023 mengalami kenaikan yang begitu signifikan, harga cabai rawit di Gorontalo kini anjlok. Harga cabai rawit yang sebelumnya hanya Rp50 ribu, kini tinggal Rp20 ribu per kilogram.

Meski harga cabai rawit mengalami penurunan secara drastis, harga tomat justru mengalami kenaikan yang signifikan. Bayangkan, harga tomat yang sebelumya Rp15 ribu kini naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram.

Menurut data yang dihimpun di pasar sentral Kota Gorontalo, sekarang, harga cabai rawit per kilogram di pasar tersebut tinggal Rp 20 ribu.

Baca Juga: Warganet Minta Oknum Pegawai BMKG Gorontalo yang Berbuat Asusila Dipecat

Penurunan harga ini disebutkan oleh meningkatnya pasokan cabai rawit dari petani dari luar Kota hingga lokal. Sehingga stok cabai di tingkat pengepul mengalami peningkatan yang begitu banyak.

Di sisi lain, harga tomat yang justru mengalami lonjakan disebabkan oleh cuaca Gorontalo yang kerap dilanda hujan. Para petani melaporkan bahwa dampak kenaikan itu disebabkan oleh banyaknya buah yang rontok akibat hujan.

“Hujan membuat buah tomat saya banyak yang rontok. Selain itu banyak serangan hama ulat ketika musim hujan,” kata Haris petani tomat di Gorontalo.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya…

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600