Kota Gorontalo

Marten Taha Paparkan Pengembangan Kawasan Strategis di Hadapan Tim DPR RI

×

Marten Taha Paparkan Pengembangan Kawasan Strategis di Hadapan Tim DPR RI

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menerima kunjungan tim pengumpul data dari DPR RI. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo) 
Wali Kota Gorontalo, Marten Taha saat menerima kunjungan tim pengumpul data dari DPR RI. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo) 

Hibata.id – Wali Kota Gorontalo, Marten Taha menerima kunjungan tim pengumpul data dari DPR RI yang dipimpin Teguh Nirmala Yekti, di rumah jabatan Wali Kota Gorontalo, dalam rangka penyusunan naskah akademik draf rancangan undang-undang Kota Gorontalo, Rabu (24/01/2024).

Ada banyak hal yang disampaikan Marten kepada tim tersebut. Tidak terkecuali tentang pengembangan kawasan strategis di Kota Gorontalo.

“Menurut RTRW Nasional atau Rencana Tata Ruang Nasional, Kota Gorontalo dalam sistem perkotaan Nasional termasuk sebagai PKN, yakni Pusat Kegiatan Nasional,” kata Marten Taha kepada tim pengumpul data dari DPR RI.

Perencanaan strategis yang terus dikembangkan Pemerintah Kota Gorontalo, kata Marten, mulai dari sistem pusat kegiatan kawasan perkantoran pemerintahan. Kemudian sistem pusat kegiatan kawasan perdagangan dan jasa.

“Kota Gorontalo adalah Ibu Kota Provinsi Gorontalo yang bergerak pada jasa dan perdagangan.  Sehingga, kami terus melakukan pengembangan pada dua sektor tersebut,” ujarnya

“Misal sekarang ini melakukan revitalisasi Pasar Sentral, kawasan kuliner. Sementara sektor jasa mulai dari jasa transportasi sampai dengan pariwisata,” sambungnya

Selain itu, kata Marten, Pemerintah Kota Gorontalo juga melakukan pengembangan pada kawasan pelabuhan laut dan pelabuhan penyeberangan. 

Pelabuhan Laut Gorontalo menghubungkan kawasan di Teluk Tomini dengan Kota Gorontalo, serta kawasan di Provinsi Gorontalo yang melalui Pelabuhan Anggrek, Kwandang sehingga dapat terhubung ke pulau, Negara dan benua lain.

Tak hanya itu, kata Marten, pihaknya juga melakukan pengembangan sistem pusat kegiatan kawasan terminal penumpang, atau (simpul transportasi). 

Rencana Terminal Tipe A yang saat ini berada di Kelurahan Huangobotu, Kecamatan Dungingi yang telah direlokasi dari lokasi sebelumnya di Kelurahan Tapa Kecamatan Kota Utara.

“Terminal ini melayani rute Kawasan sekitar Kota Gorontalo ke kawasan di Provinsi Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah bagian Utara,” ucapnya

Meski begitu, katanya, terminal regional yang berada di pinggir Kota Gorontalo ini harus di kembangkan, untuk mempunyai akses yang memadai dengan pelabuhan penyeberangan. 

“Terakhir kawasan pertanian, dimana terletak di wilayah Kecamatan Sipatana dan Kota Utara,” pungkasnya.

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600