Scroll untuk baca berita
Kab. Gorontalo

Pemkab Gorontalo Perkuat Reformasi Birokrasi Lewat Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis

Avatar of Randa Damaling
×

Pemkab Gorontalo Perkuat Reformasi Birokrasi Lewat Bimtek Penyusunan Peta Proses Bisnis

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Sugondo Makmur/Hibata.id
Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Sugondo Makmur/Hibata.id

Hibata.id – Pemerintah Kabupaten Gorontalo terus meningkatkan kualitas layanan publik melalui penguatan tata kelola pemerintahan.

Upaya tersebut diwujudkan dengan penyelenggaraan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Peta Proses Bisnis bagi seluruh fungsional perencana se-Kabupaten Gorontalo di Hotel Damhil Gorontalo, Senin (24/11/2025).

Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo, Sugondo Makmur, membuka kegiatan secara resmi dan menegaskan bahwa penyusunan peta proses bisnis menjadi instrumen strategis dalam pembangunan birokrasi yang efisien, terukur, dan berorientasi pada peningkatan layanan publik.

Baca Juga:  418 Pejabat Pemkab Kabupaten Gorontalo Jalani Asesmen ProASN BKN

Sugondo menyampaikan bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu memiliki standar alur kerja yang jelas sebagai pedoman pelaksanaan program pembangunan daerah.

Menurutnya, kejelasan struktur proses kerja akan menciptakan tata kelola yang fokus dan hasil yang dapat dievaluasi.

Baca Juga:  Bupati Gorontalo Dorong Promosi Budaya dan Kuliner Lokal ke Kancah Nusantara

“Kita tidak boleh bekerja tanpa peta. Proses bisnis yang terstruktur akan memudahkan evaluasi, mempercepat layanan, dan meningkatkan akuntabilitas kinerja,” ujar Sugondo di hadapan para peserta Bimtek.

Ia berharap pemetaan proses bisnis yang komprehensif dapat mempercepat perwujudan efisiensi layanan publik di Kabupaten Gorontalo.

Program ini sekaligus mendukung agenda reformasi birokrasi yang terus digencarkan pemerintah daerah.

Baca Juga:  Bupati Gorontalo Lantik Penjabat Kepala Desa Hutabohu, Tegaskan Transparansi

Pemerintah Kabupaten Gorontalo menargetkan kegiatan Bimtek mampu meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di seluruh OPD.

Dengan begitu, pelayanan publik diharapkan berjalan semakin profesional, efektif, serta transparan, dan mampu menjawab kebutuhan masyarakat.

**Cek berita dan artikel terbaru di GOOGLE NEWS dan ikuti WhatsApp Channel