Kota Gorontalo

Sekda Kota Gorontalo: SPBE Berperan Penting Mewujudkan Percepatan Transformasi Digital

54
×

Sekda Kota Gorontalo: SPBE Berperan Penting Mewujudkan Percepatan Transformasi Digital

Sebarkan artikel ini
Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid saat memberikan sambutan di di kegiatan sosialisasi evaluasi SPBE. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid saat memberikan sambutan di di kegiatan sosialisasi evaluasi SPBE. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

Hibata.id – Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo Ismail Madjid mengatakan, sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) memiliki peran penting dalam rangka mewujudkan percepatan transformasi digital. 

Hal itu disampaikan Ismail Madjid saat memberikan sambutan di kegiatan sosialisasi evaluasi SPBE, yang digelar pada Senin (13/05/2024) di Gedung Bandayo Lo Yiladia. Ia bilang, SPBE sangat berpengaruh pengembangan pemerintahan digital. 

“Kebijakan ini mengatur secara utuh, bagaimana model pengembangan pemerintahan digital. Mulai dari tata kelola sampai dengan manajemen SPBE, di tingkat pusat maupun pemerintahan daerah,” kata Sekda.

Dari sisi tata kelola, kata dia, pemerintah diharapkan dapat menyiapkan kebijakan yang bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, untuk melakukan evaluasi, mengarahkan dan memantau proses penyelenggaraan SPBE. 

Baca juga: Gelar Pelatihan Bagi Pencari Kerja, Cara Pemkot Gorontalo Atasi Pengangguran

“Sementara sisi manajemen, SPBE harus dilakukan melalui tahapan perencanaan, pembangunan, pelaksanaan dan pemantauan kegiatan, untuk menyelaraskan dan mendukung tujuan yang diharapkan,” ujarnya

Apalagi, tambah Sekda, SPBE memiliki arsitektur yang saling berkaitan satu dengan lainnya. Mulai dari arsitektur proses bisnis, arsitektur layanan, arsitektur aplikasi, arsitektur infrastruktur dan arsitektur keamanan. 

“Tujuan utama dari semua arsitektur dalam SPBE ini adalah, untuk mengatur, menata dan memudahkan layanan publik serta administrasi pemerintahan secara elektronik.

Ismail bilang, Pemerintah Kota Gorontalo sendiri terus berupaya melakukan pembenahan baik dari sisi kebijakan dan implementasi. Setiap tahun, katanya, pihaknya mengikuti evaluasi SPBE yang dilaksanakan Kemenpan-RB RI.

“Artinya, kegiatan evaluasi ini tentunya bukan hanya dapat memperbaiki nilai atau indeks SPBE, tetapi mampu mengimplementasikannya sesuai arah kebijakan nasional dan daerah,” pungkasnya

Example 120x600