Peristiwa

Truk Pengangkut BBM di Gorontalo Terbalik Usai Hantam Pagar Panti Asuhan

149
×

Truk Pengangkut BBM di Gorontalo Terbalik Usai Hantam Pagar Panti Asuhan

Sebarkan artikel ini
Truk pengangkut BBM di Gorontalo terbalik usai hantam pegar/ist/Hibata.id

Hibata.id – Sebuah mobil dump truk di Gorontalo terbalik usai menabrak pagar panti asuhan. Mobil tersebut mengangkut ribuan liter bahan bakar minyak (BBM) jenis solar.

Informasi yang dirangkum Hibata.id, peristiwa itu terjadi di Limboto Barat, Kabupaten Gorontalo. Kala itu, truk yang bermuatan BBM itu berangkat dari arah Kota Gorontalo menuju Kabupaten Gorontalo.

Baca Juga: Tampang Pelaku Mutilasi Bocah 8 Tahun di Boltim, Terancam Hukuman Mati

Entah apa yang terjadi, tiba-tiba truk tersebut oleh hingga menabrak pagar panti Panti Asuhan Al-Falah. Warga sekitar yang tengah beristirahat kemudian kaget dengan suara gemuruh.

“Peristiwa itu kalau tidak salah menjelang shalat subuh. Tiba-tiba saya kaget dengan suara gemuruh seperti benturan keras,” kata Salim.

Usai mendengar suara itu, dirinya kemudian keluar rumah dan melihat ke jalan ada truk yang terguling. Tidak hanya terguling, jika dilihat dari dekat, truk itu mengalami kerusakan yang begitu parah.

“Kami hanya terfokus di puluhan drum yang berisi BBM, kami menduga truk tersebut over kapasitas dan oleng karena sopir mengantuk,” ujarnya.

Untung saja, kata Salim tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Namun kerugian ditaksir hingga mencapai puluhan juta rupiah.

“Sopir langsung ditolong oleh warga sekitar. Kemudian mobil baru bisa dievakuasi oleh petugas kepolisian,” ia menandaskan.

Tips Berkendara Aman

Berikut tips menghilangkan ngantuk saat berkendara agar selalu aman:

1. Tidur Sebelum Berkendara

Memastikan mendapatkan jam tidur yang cukup sebelum perjalanan dapat membantu Anda terhindar dari ngantuk saat berkendara.

Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan mental yang mirip dengan mabuk. Risiko kurang tidur selama 24 jam bahkan setara dengan kandungan alkohol dalam darah sebesar 0,1 persen.

Jika Anda tidak sempat beristirahat, tidur siang singkat selama 15–30 menit dapat Anda lakukan agar tetap merasa segar dan waspada.

2. Minum Kopi

Jika mata dan tubuh sudah benar-benar lelah, Anda butuh dorongan kafein untuk membantu menjaga kesadaran selama berkendara.

Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Untuk merasakan manfaat kafein dari kopi ini, Anda sekiranya membutuhkan waktu setengah jam setelah meminumnya.

Secangkir kopi mungkin tidak cukup bagi orang yang terbiasa minum kopi. Nah, Anda dapat meningkatkan asupan minum kopi tetapi tidak lebih dari empat cangkir dalam hari.

3. Menepi dan Tidur Sejenak

Bagi Anda yang mengendarai mobil, cara terbaik untuk menghilangkan ngantuk saat menyetir adalah dengan tidur sejenak di kursi pengemudi yang nyaman.

Saat rasa kantuk tiba, segera menepi dan tidurlah selama kira-kira 15–20 menit. Tidur singkat yang juga dikenal dengan Power Nap ini bisa memulihkan lagi energi Anda.

Ingat, lebih baik menghabiskan waktu untuk tidur sejenak daripada memaksakan tetap menyetir dengan risiko yang besar.

4. Peregangan ringan

Sementara bagi pengendara motor, rasa kantuk dapat dirasakan saat melaju di jalanan yang cukup lengang. Cuaca panas dan tak bersahabat juga bisa bikin Anda mengantuk.

Untuk menghindari risiko kecelakaan, lebih baik segera menepi dan turunlah dari motor Anda.

Lakukan Peregangan otot dan berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Bergerak secara aktif dapat membantu pikiran Anda tetap terjaga.

Example 120x600