Kota Gorontalo

Wawali Kota Gorontalo Ikuti Upacara Hari Otda ke XXVIII di Surabaya

664
×

Wawali Kota Gorontalo Ikuti Upacara Hari Otda ke XXVIII di Surabaya

Sebarkan artikel ini
Wakil Wali (Wawali) Kota Gorontalo Ryan F. Kono usai mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVIII di Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wakil Wali (Wawali) Kota Gorontalo Ryan F. Kono usai mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVIII di Surabaya. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

Hibata.id – Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVIII yang dilaksanakan di Kota Surabaya turut dihadiri Wakil Wali (Wawali) Kota Gorontalo Ryan F. Kono.

Bersama kepala daerah dan wakil kepala daerah lainnya, Ryan mengikuti upacara yang dilakukan pada setiap tanggal 25 April dan diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Tahun 2024 peringatan Otda mengangkat tema, otonomi daerah berkelanjutan menuju ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat.

Dipilihnya tema untuk memperkokoh komitmen, tanggung jawab dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah akan amanah serta tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) dan lingkungan hidup ditingkat lokal.

Tema itu juga mendorong untuk mempromosikan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Baca juga: Pemkot Gorontalo dapat Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Wakil Wali (Wawali) Kota Gorontalo Ryan F. Kono pun mengungkapkan kebanggaannya dapat ambil bagian ikuti upacara Hari Otda ke XXVIII bersama dengan pemimpin daerah lainnya.

Menurunya, peringatan hari Otda merupakan sebuah momentum penting bagi daerah yang ada di nusantara. Katanya, sejak adanya Otda, daerah di Indonesia semakin maju dan berkembang.

“Baik dari sisi Indeks pembangunan manusia (IPM), Pendapatan asli daerah (PAD), kemampuan fiskal daerah dan lain sebagainya,” ucap Ryan.

Upacara peringatan hari Otda di Surabaya sendiri sempat tertunda lantaran hujan. Namun, setelah beberapa menit, upacara akhirnya terlaksana.

Mendagri Tito Karnavian bertugas sebagai inspektur upacara yang berlangsung di Balai Kota Surabaya itu.

Pada upacara itu pula, Mendagri Tito Karnavian menyerahkan penghargaan sekali seumur hidup Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada 15 kepala daerah dan mantan kepala daerah berprestasi pada 2023.

Example 120x600