Traveling

Alasan Gorontalo Dijuluki Daerah Serambi Madinah

×

Alasan Gorontalo Dijuluki Daerah Serambi Madinah

Sebarkan artikel ini
Patung Nani Wartabone/Hibata.id

Hibata.id – Gorontalo dikenal dengan julukan Serambi Madinah. Meski begitu, banyak orang yang bertanya mengapa Gorontalo dijuluki dengan nama itu, berikut beberapa alasan yang rangkum Hibata.id

1. Mayoritas Muslim

Mayoritas penduduk Gorontalo beragama Islam. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Gorontalo tahun 2022, sebanyak 99,25% penduduk Gorontalo beragama Islam. Hal ini menunjukkan bahwa Gorontalo merupakan daerah yang kental dengan nuansa Islam.

2. Sejarah

Gorontalo memiliki sejarah panjang dalam penyebaran agama Islam. Islam masuk ke Gorontalo pada abad ke-15 melalui pernikahan Raja Amai dengan Putri Owutango dari Kerajaan Palasa.

Raja Amai kemudian memeluk agama Islam dan diberi gelar Sultan Amai. Sejak saat itu, Islam berkembang pesat di Gorontalo dan menjadi agama mayoritas di daerah tersebut.

3. Banyak Lembaga Pendidikan

Gorontalo memiliki banyak lembaga pendidikan Islam, baik formal maupun non-formal. Lembaga pendidikan ini berperan penting dalam menyebarkan ajaran Islam dan mencetak generasi penerus yang berilmu dan berakhlak mulia.

4. Memiliki Banyak Masjid

Gorontalo memiliki banyak masjid dan mushola. Di Gorontalo terdapat banyak masjid dan mushola yang tersebar di berbagai wilayah. Masjid dan mushola ini menjadi sarana ibadah bagi umat Islam di Gorontalo.

Selain alasan-alasan diatas, Gorontalo juga dikenal sebagai daerah yang religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman. Hal ini terlihat dari kehidupan sehari-hari masyarakat Gorontalo yang selalu mengamalkan ajaran Islam.

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600