Kabar

Cek 9 Rute Penerbangan Perdana Perintis di Gorontalo

161
×

Cek 9 Rute Penerbangan Perdana Perintis di Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Penerbangan Perintis SAM Air di Gorontalo/Hibata.id

Hibata.id – Penerbangan Perintis di Gorontalo akhirnya dibuka. Penantian warga Gorontalo soal transportasi udara menuju ke daerah-daerah terpencil akhirnya resmi beroperasi dan langsung melakukan penerbangan perdana.

Badan Layanan Umum (BLU) Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas I Djalaludin di Gorontalo, memulai program angkutan udara perintis tahun anggaran 2024 yang beroperasi di 9 rute.

Kepala UPBU Gorontalo Joko Harjani bilang, angkutan udara perintis di Koordinator Wilayah (Korwil) Gorontalo ini melayani 9 rute.

Baca Juga: Harapan Ketua DPRD Provinsi Gorontalo Tekait Penerbangan Perintis

Antara lain, rute Gorontalo-Pohuwato-Palu (PP), Gorontalo-Buol (PP), Gorontalo-Bolmong-Manado (PP), dan Manado-Siau-Naha-Miangas-Melonguane (PP).

“Alhamdulillah, program angkutan udara perintis Korwil Gorontalo tahun 2024 dapat terlaksana pada Minggu (18/2/2024) ini,” kata Joko

Sementara itu, Badan Usaha Angkutan Udara (BUAU) yang beroperasi melayani sembilan rute penerbangan perintis tersebut yakni Maskapai SAMS Air, menggunakan type pesawat DHC-6 Twin Otter dengan kapasitas maksimal 17 penumpang.

Menurut Joko, masyarakat Gorontalo, Palu dan Sulawesi Utara terutama yang berada di daerah Terdepan, Terluar, Tertinggal, dan Perbatasan (3TP) sangat bersyukur dengan adanya penerbangan perintis tersebut, karena biasanya ke Manado hanya melalui kapal laut.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo, Paris RA Jusuf, menyambut gembira kehadiran Penerbangan Perintis yang telah lama dinantikan Masyarakat Gorontalo.

“Adanya penerbangan ini adalah hal yang sangat bagus karena telah kita tunggu-tunggu,” kata Paris.

Menurutnya, penerbangan perintis ini tidak hanya menjadi sarana transportasi, tetapi juga menjadi pendorong utama bagi peningkatan pertumbuhan ekonomi dan mobilitas masyarakat.

“Khususnya, wilayah-wilayah di Provinsi Gorontalo akan merasakan manfaat besar dari adanya akses langsung ke provinsi tetangga,” ujarnya.

Penerbangan yang mendapat subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tersebut mulai melayani 9 rute, dengan penerbangan pertama menuju kabupaten Pohuwato.

“Meskipun bandara perintis di Pohuwato belum diresmikan, namun sudah berfungsi,” ia menandaskan.

Example 120x600