Politik

Debat Cawapres, Cak Imin Sentil Food Estate hingga Kepemilikan Lahan

×

Debat Cawapres, Cak Imin Sentil Food Estate hingga Kepemilikan Lahan

Sebarkan artikel ini
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin/Hibata.id

Hibata.id – Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) ke empat kali ini makin seru. Pasalnya kali ini nama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi pembicara pertama menyampaikan visi dan misi.

Pembicaraan dibuka dengan dirinya mengutip pesan K.H. Asy’ari. Pesan pendiri Nahdlatul Ulama itu bahwa, petani adalah penolong negeri.

Baca Juga: Debat Cawapres, Nama Cak Imin Trending Topik di Twitter 

“Akan tetapi hari ini kita menyaksikan negara dan pemerintah abai terhadap nasib petani dan nelayan kita,” kata Cak Imin saat di awal pembicaraannya.

Menurutnya, bahwa hasil sensus pertanian berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, telah terjadi jumlah petani rumah tangga gurem berjumlah hampir 3 juta dalam 10 tahun terakhir.

“Artinya, 16 juta petani indonesia hanya memiliki tanah setengah hektar,” katanya.

Dirinya menyinggung seseorang yang memiliki tanah sekitar 500 ribu hektar sebagai kekuasaan negara yang diberikan kepadanya.

“Di sisi lain, pengadaan pangan nasional dilakukan melalui program food estate yang mengabaikan petani dan masyarakat adat kita,” ungkapnya.

“Merusak lingkungan, menghasilkan konflik agraria hingga merusak lingkungan. Ini harus kita tinggalkan,” ia menandaskan.

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600