Bone Bolango

Jelang Ramadan, Pembentukan UPZ Masjid Mulai Dilakukan Baznas Bone Bolango

114
×

Jelang Ramadan, Pembentukan UPZ Masjid Mulai Dilakukan Baznas Bone Bolango

Sebarkan artikel ini
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan Badan Takmirul Masjid Nida’ul Khairaat Kelurahan Pauwo/Hibata.id

Hibata.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bone Bolango bekerja sama dengan Badan Takmirul Masjid Nida’ul Khairaat Kelurahan Pauwo, Kecamatan Kabila menggelar sosialisasi pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masjid.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan salat Jumat berjamaah di Masjid Nida’ul Khairaat Kelurahan Pauwo dan diikuti oleh seluruh badan takmirul masjid se Kelurahan Pauwo.

Ketua Baznas Bone Bolango, Faisal Hasim Pakaya memberi apresiasi kepada Ketua Badan Ta’mirul Masjid Nida’ul Khairaat, Suleman Adadau yang telah mengajak Takmir Masjid se Kelurahan Pauwo untuk sama-sama berbagi, mendengarkan tentang pembentukan UPZ masjid.

Baca Juga: Bone Bolango Raih Nilai Tertinggi SPBE Kabupaten dan Kota di Gorontalo

“Pembentukan UPZ masjid ini penting, khususnya dalam menghadapi bulan suci Ramadhan, sehingga harapannya para amil nanti yang mengumpulkan zakat fitrah, itu paling tidak sudah dibekali dengan legalitas Surat Keputusan (SK) sebagai amil dari Baznas Bone Bolango,”kata Faisal Hasim Pakaya.

Menurutnya, dengan adanya SK UPZ ini, maka nantinya para pengurus UPZ masjid itu akan diberikan pembekalan dari Baznas.

”Para UPZ masjid ini akan dibekali dengan aturan-aturan tentang UPZ, termasuk penyaluran zakat itu bagaimana, administrasinya, pemanfaatannya, dan pencatatan pelaporannya juga bagaimana,”terang Faisal.

Lebih lanjut Faisal mengatakan untuk pelaksanaan sosialisasi pembentukan UPZ masjid ini, tidak hanya di masjid di wilayah Kelurahan Pauwo, tapi mulai pekan ketiga bulan Januari 2024 ini pihaknya juga akan melaksanakan sosialisasi di empat titik, di antaranya di wilayah Bone Pesisir, Suwawa cs, Kabila cs, dan Tapa Bulango cs.

“Kegiatan sosialisasi ini kami sudah programkan, Insya Allah pada pekan ketiga ini kita laksanakan. Kalaupun di pekan ketiga belum tercapai, paling lambat di pekan keempat kami akan turun sosialisasi tentang UPZ masjid ini,”beber Faisal, peraih doktor spesial zakat dari Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar itu.

Sebelumnya, Ketua Badan Ta’mirul Masjid Nida’ul Khairaat, Kelurahan Pauwo, Suleman Adadau menjelaskan rencana pihaknya ingin melaksanakan sosialisasi teknik pembentukan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) di tingkat badan takmirul masjid ini memang sudah lama.

“Sejak terbentuknya UPZ di Masjid Nida’ul Khairaat, sebenarnya saya sudah lama memang berinisiatif mengumpul teman-teman Badan Takmirul Masjid se Kelurahan Pauwo untuk sama-sama kita membentuk UPZ di tingkat takmirul masjid,”jelas Suleman.

Menurut Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Bone Bolango ini, pembentukan UPZ masjid ini penting dilakukan karena untuk menyahuti apa yang menjadi program dan aturan di Baznas Kabupaten Bone Bolango itu sendiri.

“Kami ingin sama-sama di Kelurahan pauwo ini, apa yang kita laksanakan terkait dengan Baznas, perwakafan ataupun kegiatan keagamaan yang ada di masjid. Apakah itu dalam bentuk aturan maupun sosialisasi itu kita ikuti, supaya penerapannya di masing-masing masjid dapat tersampaikan dan jama’ah bisa memahami,”tutup Suleman Adadau.

Example 120x600