PIlkada

KPU Bone Bolango Gelar Rakor Persiapan Pembentukan Pantarlih

×

KPU Bone Bolango Gelar Rakor Persiapan Pembentukan Pantarlih

Sebarkan artikel ini
KPU Bone Bolangom Gelar Rakor Pembentukan Pantarlih/Hibata.id
KPU Bone Bolangom Gelar Rakor Pembentukan Pantarlih/Hibata.id

Hibata.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) menggelar rapat koordinasi (rakor) dalam rangka persiapan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Pantarlih ini bakal direkrut untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Acara ini dilaksanakan di Hotel Damhill Kota Gorontalo. Selasa (11/06/24).

Rakor KPU Bonebol ini dihadiri oleh berbagai elemen. Mulai dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Pihak Kepolisian hingga Dinas Dukcapil yang mewakili pemerintah daerah.

Baca Juga: Ketua KPU Bone Bolango Lantik PAW Anggota PPS di Dua Desa

Ketua KPU Bone Bolango, Sutenti Lamuhu, dalam sambutannya mengatakan, jika jumlah pantarlih yang bakal direkrut yakni 465 orang. Semuanya tersebar di seluruh Desa di Bonebol.

“Pantarlih merupakan garda terdepan dalam memastikan data pemilih yang akurat dan terpercaya. Untuk Bone Bolango ada sekitar 465 orang,” kata Sutenti.

KPU berharap, melalui rakor ini semua pihak bisa terlibat langsung dan dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Sehingga proses pemutakhiran data pemilih dapat berjalan lancar.

Rakor ini membahas berbagai hal teknis, terutama perekrutan Pantarlih. Untuk calon Pantarlih, KPU menitikberatkan kriteria perekrutan Pantarlih harus orang yang memiliki integritas tinggi dan independen.

Baca Juga: Anggota KPU Bone Bolango Minta Sekretariat Sigap Jalankan Tahapan Pilkada

Selain itu, rakor juga menyentil soal pentingnya koordinasi antara dengan PPK dan PPS hingga Pantarlih jika sudah terbentuk. Agar data pemilih terupdate dan valid.

Dengan digelarnya rakor ini, KPU Bone Bolango berharap proses pembentukan Pantarlih dapat berjalan lancar dan efektif. Sehingga menghasilkan data pemilih yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Ini merupakan tahapan Pilkda yang krusial dalam mewujudkan Pilkada 2024 yang jujur, adil, dan demokratis,” ia menandaskan.

 

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600