Editorial

KPU Gorut Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Daerah Terpencil

115
×

KPU Gorut Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Daerah Terpencil

Sebarkan artikel ini
Pendistribusian Logistik Pemilu Gorontalo Utara 2024/Hibata.id

Hibata.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara telah memulai pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) ke berbagai daerah terpencil di Gorontalo Utara. Pendistribusian ini merupakan bagian dari upaya KPU untuk memastikan semua warga negara, termasuk mereka yang berada di lokasi terpencil, dapat menggunakan hak pilihnya.

Pendistribusian logistik Pemilu meliputi surat suara, bilik suara portabel, tinta, dan perlengkapan pemilu lainnya. Mengingat kondisi geografis Gorontalo Utara yang terdiri dari berbagai wilayah pegunungan dan pulau-pulau kecil.

Pendistribusian logistik ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk akses transportasi yang terbatas dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Apalagi saat ini Provinsi Gorontalo tengah diguyur hujan deras.

Baca Juga:

Pernyataan Sikap Jaringan GUSDURian Tentang Situasi Politik Pemilu 2024

Pahami Tugas, Fungsi dan Kewenangan KPPS Pemilu 2024

Untuk mengatasi tantangan ini, KPU Gorontalo Utara telah bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk TNI, Polri, dan penyelenggara pemilu. Sejumlah logistik diangkut menggunakan perahu untuk desa-desa yang berada di pulau.

Disamping itu, KPU juga telah melatih petugas pemilu di daerah terpencil untuk memastikan mereka memahami prosedur dan dapat mengelola pemilu dengan baik.

Ketua KPU Gorut, Sofyan Djakfar menjelaskan, mereka saat ini memastikan bahwa setiap warga negara, tidak peduli di mana mereka berada, dapat berpartisipasi dalam pemilu ini. Sebab, memilih adalah hak konstitusional mereka meskipun mereka didaerah terpencil.

“Hari ini kami dahulukan logistik pemilu untuk daerah terpencil di Gorontalo Utara,” kata Sofyan.

Saat ini ada sekitar 6 Kecamatan yang didahulukan, karena akses yang jauh dan sulit. Diantaranya, Kecamatan Tolinggula, Biau, Sumalata, Sumalata Timur, Atinggola dan Gentuma.  Ditambah lagi dua Kecamatan yang berada di pulau.

“Di dua Kecamatan, logistik harus menyebrang pulau. Masing-masing Kecamatan Ponelo kepulauan dengan kecamatan anggrek,” ungkapnya.

Pendistribusian logistik ini diharapkan selesai lebih cepat yang ditargetkan. KPU terus memantau dan memastikan semua persiapan telah siap dan pemilu bisa berlangsung dengan lancar dan aman.

Pemilu tahun ini merupakan momen penting bagi Indonesia, termasuk bagi warga Gorontalo Utara, untuk menentukan arah dan masa depan daerah. Partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat menjadi kunci suksesnya proses demokrasi ini.

“Kami berharap, daerah terpencil bisa berpartisipasi mensukseskan pemilu ini. Jangan golput, semua sudah difasilitasi,” ia menandaskan.

Example 120x600