Kuliner

Makanan Paling Enak di Kepulauan Maluku yang Wajib Dicoba

139
×

Makanan Paling Enak di Kepulauan Maluku yang Wajib Dicoba

Sebarkan artikel ini
Ikan Colo Colo Ternate/cookpad/Hibata.id

Hibata.id – Ternate, sebuah pulau di Kepulauan Maluku, Indonesia, memiliki kekayaan budaya dan kuliner yang unik. Berikut beberapa makanan khas Ternate yang patut dicoba:

Baca Juga: 7 Piagam Penghargaan ASN Award 2023, Diborong RSUD Toto Kabila 

  1. Ikan Colo-colo: Ikan colo-colo adalah hidangan ikan panggang yang disajikan dengan saus pedas khas Ternate yang disebut colo-colo. Saus ini terbuat dari cabai, bawang, jahe, dan rempah-rempah lainnya.
  2. Papeda: Papeda adalah makanan pokok khas Maluku yang juga umum di Ternate. Ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan air dan diaduk hingga mengental. Papeda biasanya disajikan dengan ikan kuah kuning atau saus dengdeng.
  3. Dengdeng Balado: Dengdeng Balado adalah hidangan daging sapi yang dimasak dengan bumbu balado, yaitu campuran cabai, bawang, dan tomat. Dengdeng Balado biasanya diolah dengan cara diasinkan terlebih dahulu, kemudian digoreng atau dipanggang.
  4. Sambal Lado: Sambal Lado adalah sambal khas Ternate yang terbuat dari cabai merah, tomat, bawang, dan bumbu lainnya. Sambal ini memiliki rasa pedas dan segar, cocok untuk menambah cita rasa pada hidangan lain.
  5. Kue Kaci: Kue Kaci adalah kue tradisional Ternate yang terbuat dari kelapa parut, gula kelapa, dan tepung beras. Kue ini biasanya dibentuk seperti cincin dan kemudian digoreng hingga keemasan.
  6. Paku Betel: Paku Betel adalah jenis sayuran yang tumbuh subur di Ternate dan sering digunakan dalam masakan lokal. Biasanya dimasak dengan santan atau digoreng sebagai lauk.
  7. Es Puter Kacang Ijo: Es Puter Kacang Ijo adalah minuman segar yang terbuat dari bubur kacang hijau, santan, dan gula. Minuman ini sering disajikan dalam bentuk es puter dengan potongan es dan sirup gula merah.
  8. Dodol Ternate: Dodol Ternate adalah jenis dodol yang terbuat dari kelapa, gula kelapa, dan bahan-bahan lainnya. Dodol ini memiliki rasa khas dan sering dijadikan oleh-oleh.

Makanan-makanan ini mencerminkan keanekaragaman rasa dan bahan-bahan lokal yang dimiliki oleh Ternate. Jika Anda berkunjung ke Ternate, mencicipi makanan khas daerah ini dapat menjadi pengalaman kuliner yang menarik.

Example 120x600