Lingkungan

Mengapa APH Kurang Tegas Menindak Tambang Emas Ilegal?

161
×

Mengapa APH Kurang Tegas Menindak Tambang Emas Ilegal?

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi sejumlah orang yang sedang di Kompleks Pertambangan Emas Ilegal yang menggunakan alat berat. (Foto: Bing AI/Hibata.id)
Ilustrasi sejumlah orang yang sedang di Kompleks Pertambangan Emas Ilegal yang menggunakan alat berat. (Foto: Bing AI/Hibata.id)

Hibata.id – Tambang emas ilegal merupakan salah satu permasalahan serius yang dihadapi Indonesia. Tambang emas ilegal tidak hanya menimbulkan kerusakan lingkungan, tetapi juga merugikan negara dalam hal penerimaan pajak dan retribusi.

Pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memberantas tambang emas ilegal, tetapi upaya tersebut belum menunjukkan hasil yang signifikan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya penegakan hukum yang tegas oleh aparat penegak hukum (APH).

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan APH kurang tegas menindak tambang emas ilegal:

  • Korupsi

Korupsi merupakan faktor utama yang menyebabkan APH kurang tegas menindak tambang emas ilegal. Banyak oknum APH yang menerima suap dari para pelaku tambang emas ilegal. Suap ini membuat APH tidak berani menindak tambang emas ilegal, karena khawatir akan kehilangan sumber penghasilannya.

  • Kurangnya dukungan anggaran

APH membutuhkan anggaran yang memadai untuk melakukan penegakan hukum terhadap tambang emas ilegal. Namun, anggaran yang tersedia untuk APH seringkali tidak mencukupi. Hal ini membuat APH kesulitan untuk melakukan patroli dan pengawasan terhadap tambang emas ilegal.

  • Kurangnya sarana dan prasarana

APH juga membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai untuk melakukan penegakan hukum terhadap tambang emas ilegal. Namun, sarana dan prasarana yang tersedia untuk APH seringkali tidak memadai. Hal ini membuat APH kesulitan untuk menjangkau lokasi tambang emas ilegal yang berada di daerah terpencil.

  • Kesulitan identifikasi pelaku

Para pelaku tambang emas ilegal seringkali menggunakan identitas palsu untuk mengelabui APH. Hal ini membuat APH kesulitan untuk mengidentifikasi pelaku dan melakukan penangkapan.

  • Dukungan masyarakat

Masyarakat di sekitar tambang emas ilegal seringkali mendukung kegiatan penambangan ilegal. Hal ini membuat APH kesulitan untuk melakukan penegakan hukum, karena khawatir akan mendapat perlawanan dari masyarakat.

Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan upaya-upaya yang komprehensif dari berbagai pihak. Pemerintah perlu meningkatkan anggaran dan sarana prasarana untuk APH, serta melakukan reformasi birokrasi untuk memberantas korupsi di tubuh APH. Selain itu, masyarakat juga perlu diajak untuk mendukung upaya pemerintah dalam memberantas tambang emas ilegal.

Berikut adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penegakan hukum terhadap tambang emas ilegal:

  • Pembentukan lembaga khusus untuk menangani tambang emas ilegal

Pembentukan lembaga khusus untuk menangani tambang emas ilegal dapat membantu meningkatkan efektivitas penegakan hukum. Lembaga ini dapat diberikan kewenangan khusus untuk melakukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan terhadap pelaku tambang emas ilegal.

  • Peningkatan kapasitas APH

Pemerintah perlu meningkatkan kapasitas APH dalam bidang penegakan hukum. Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan dan pendidikan khusus untuk APH.

  • Peningkatan kerja sama antar-lembaga

Pemerintah perlu meningkatkan kerja sama antar-lembaga, seperti kepolisian, TNI, dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, untuk melakukan penegakan hukum terhadap tambang emas ilegal.

  • Peningkatan kesadaran masyarakat

Pemerintah perlu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan dampak negatif dari tambang emas ilegal. Hal ini dapat dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Dengan upaya-upaya tersebut, diharapkan penegakan hukum terhadap tambang emas ilegal dapat ditingkatkan dan permasalahan ini dapat diatasi.

Example 120x600