Kuliner

Menjaga Energi Selama Berpuasa, Berikut Makanan yang Disarankan Ketika Sahur

117
×

Menjaga Energi Selama Berpuasa, Berikut Makanan yang Disarankan Ketika Sahur

Sebarkan artikel ini
Ayam Iloni makanan khas Gorontalo/Hibata.id

Hibata.id – Untuk menjaga energi tetap prima saat berpuasa, santap sahur adalah waktu yang sangat penting. Karena ini adalah saat yang penting untuk menyiapkan tubuh kalian agar tetap semangat.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi saat sahur adalah kunci untuk menjaga energi dan kesehatan kalian selama berpuasa.

Hibata.id akan mengulas beberapa kandungan makanan yang wajib kita konsumsi saat sahur. Nah dirangkum dari beberapa sumber, makanan sehat yang bisa kalian konsumsi saat sahur untuk memaksimalkan manfaat dari ibadah puasa Ramadhan.

1. Serat dan Karbohidrat Kompleks

Makanan yang mengandung serat dan karbohidrat kompleks akan memberikan energi yang bertahan lama selama berpuasa. Pilihlah sumber karbohidrat yang rendah gula dan tinggi serat seperti roti gandum, oatmeal, sereal rendah gula, atau nasi merah.

Karbohidrat kompleks akan memberikan rasa kenyang lebih lama dan mencegah penurunan energi secara tiba-tiba. Karena itu pilihlah makan yang memiliki karbohidrat tinggi yang rendah gula.

2. Protein Berkualitas Tinggi

Protein adalah nutrisi penting yang membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Pilihlah sumber protein berkualitas tinggi seperti telur, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, dan produk susu rendah lemak. Protein akan membantu menjaga massa otot Anda selama berpuasa dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

3. Buah-buahan dan Sayuran Segar

Buah-buahan dan sayuran segar adalah sumber serat, vitamin, dan antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh Anda. Konsumsilah berbagai jenis buah-buahan dan sayuran setiap sahur untuk memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang mencukupi.

Buah-buahan seperti kurma juga merupakan pilihan yang baik karena mengandung gula alami yang dapat memberikan energi cepat.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Pastikan Anda minum banyak air putih selama sahur untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa. Hindari minuman berkafein atau berpemanis buatan yang dapat menyebabkan dehidrasi. Air putih adalah minuman terbaik untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dan membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Hindari Makanan Berlemak dan Berat

Hindari makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula berlebihan saat sahur karena dapat membuat Anda merasa lamban dan lelah selama berpuasa. Makanan berlemak dan berat cenderung memperlambat pencernaan dan dapat menyebabkan rasa kenyang yang tidak nyaman.

6. Mengatur Porsi Makan dengan Bijak

Saat sahur, hindari makan berlebihan atau terlalu sedikit. Cobalah untuk mengatur porsi makan dengan bijak, makanlah secukupnya untuk memberikan energi yang cukup selama berpuasa.

Jangan lupa untuk mengakhiri sahur dengan membaca doa agar diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah puasa.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango dr. Meyrin Kadir, memilih makanan sehat dan bergizi saat sahur adalah kunci untuk menjaga energi dan kesehatan Anda selama bulan Ramadhan.

“Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein berkualitas tinggi,” kata Meyrin

Menurutnya, jika buah-buahan, sayuran segar, dan pastikan untuk minum banyak air putih. Dengan mengikuti mengonsumsi itu, kalian dapat menjalani puasa Ramadhan dengan lebih baik dan menjaga kesehatan tubuh.

“Semua mulai dari makanan sehat,” ia menandaskan.

 

Example 120x600