Nasional

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

2685
×

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Sebarkan artikel ini
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Foto.ist/Hibata.id
Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas. Foto.ist/Hibata.id

Hibata.id – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi telah menetapkan awal bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024.

Pengumuman ini disampaikan setelah pemerintah melaksanakan sidang isbat yang diadakan pada Minggu sore hingga malam hari, 10 Maret 2024.

Sidang isbat ini melibatkan berbagai pihak diantaranya Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Termasuk perwakilan dari ormas Islam, ahli astronomi, serta ahli falak dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga:

Begini Cara Orang Gorontalo Zaman Dulu Menentukan 1 Ramadhan

Sidang Isbat Awal Ramadan 2024 Digelar Hari ini

Sidang isbat yang digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta Pusat, berlangsung dengan khidmat dan penuh kehangatan.

Menteri Agama, dalam pengumumannya, menyatakan bahwa keputusan ini diambil berdasarkan data hisab (perhitungan astronomis) dan hasil rukyatul hilal (pengamatan bulan sabit) yang dilakukan di 34 titik pengamatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Dengan mempertimbangkan hasil hisab dan rukyat yang telah dilakukan, serta mendengarkan masukan dari para ahli dan perwakilan ormas Islam,” kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Baca Juga:

Doa Bupati Merlan Untuk Warga Bone Bolango Jelang Ramadhan

Makna di Balik Ucapan Ramadhan Kareem dan Ramadhan Mubarak

“Kami menetapkan 1 Ramadhan 1445 Hijriyah jatuh pada hari Selasa tanggal 12 Maret 2024,” ungkapnya.

Pengamatan hilal yang dilakukan di berbagai lokasi di Indonesia menunjukkan bahwa hilal telah memenuhi kriteria visibilitas yang ditetapkan.

Ini menjadi dasar kuat dalam penetapan awal Ramadhan tahun ini. Sidang isbat kali ini juga menunjukkan sinergi dan kebersamaan antara pemerintah dan berbagai elemen masyarakat dalam menentukan awal bulan suci bagi umat Islam.

Example 120x600