Teknologi

Teliti Membeli iPhone agar Tidak Tertipu Dengan yang Palsu

167
×

Teliti Membeli iPhone agar Tidak Tertipu Dengan yang Palsu

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Gambar iPhone/Hibata.id
Ilustrasi Gambar iPhone/Hibata.id

Hibata.id – Dalam beberapa tahun terakhir, iPhone telah menjadi salah satu smartphone paling populer dan diidamkan oleh banyak orang.

Sayangnya, popularitasnya ini juga membuka peluang bagi para penipu untuk memproduksi dan menjual iPhone palsu.

iPhone palsu atau replika seringkali dibuat sedemikian rupa sehingga mirip dengan produk asli, sehingga tidak mudah untuk membedakannya jika tidak teliti.

Untuk menghindari tertipu, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk membedakan iPhone asli dan palsu.

Baca Juga:

Viral, Nasabah Tarik Tunai di ATM Malah Keluar Uang Palsu

Warga Gorontalo Resah Dengan Jual Beli Handphone Daur Ulang

Satu Tahun, 120 Unit Handphone Daur Ulang Berhasil Terjual di Gorontalo

1. Periksa Kemasan dan Aksesoris

Kemasan iPhone asli dibuat dengan kualitas yang sangat baik. Kotaknya terbuat dari karton tebal dengan cetakan yang rapi dan jelas. Informasi yang tercetak di kotak harus sesuai dengan produk di dalamnya, termasuk nomor model, nomor serial, dan IMEI. Selain itu, aksesoris seperti charger, kabel, dan earphone juga harus terlihat berkualitas tinggi. Periksa juga buku manual dan stiker Apple yang biasanya disertakan dalam kemasan.

2. Cek Nomor Serial dan IMEI

Setiap iPhone asli memiliki nomor serial dan IMEI yang unik, yang dapat diverifikasi melalui situs web resmi Apple. Anda bisa menemukan nomor ini di bagian pengaturan, tepatnya di “Pengaturan” > “Umum” > “Tentang”. Setelah mendapatkan nomor tersebut, kunjungi situs web Apple untuk memverifikasi keasliannya. Jika iPhone tersebut asli, informasi produk dan status garansi akan ditampilkan.

3. Perhatikan Material dan Kualitas Pembuatan

iPhone asli dibuat dengan material berkualitas tinggi dan memiliki desain yang sempurna. Periksa material belakang dan sisi iPhone; iPhone asli biasanya terbuat dari kaca dan stainless steel atau aluminium, tergantung pada modelnya. Selain itu, tombol-tombol pada iPhone asli terasa kokoh dan responsif, tanpa celah yang mencolok.

4. Uji Performa dan Sistem Operasi

iPhone asli menggunakan sistem operasi iOS yang eksklusif dan tidak dapat ditiru dengan sempurna oleh pembuat iPhone palsu. Meskipun beberapa iPhone palsu mungkin menggunakan antarmuka yang mirip dengan iOS, Anda akan menemukan banyak ketidaksempurnaan dan keterbatasan pada sistem operasi tersebut. Cobalah beberapa fungsi dasar seperti kamera, panggilan telepon, dan aplikasi App Store. iPhone palsu sering kali memiliki performa yang lambat dan tidak stabil.

5. Gunakan Fitur Pengecekan Otentikasi

Apple menyediakan fitur pengenalan wajah Face ID dan sensor sidik jari Touch ID pada iPhone asli. Cobalah fitur-fitur ini untuk memastikan mereka bekerja dengan baik. iPhone palsu seringkali tidak memiliki fitur biometrik yang berfungsi dengan baik atau sama sekali tidak memiliki fitur tersebut.

6. Harga

Harga bisa menjadi indikator yang jelas. Jika penawaran harga terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu adalah iPhone palsu. Walaupun terkadang ada penawaran diskon untuk iPhone, penurunan harga yang drastis dari harga pasar biasanya merupakan tanda peringatan.

Kesimpulan

Membedakan iPhone asli dan palsu memang membutuhkan kejelian. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengurangi risiko tertipu oleh penjual iPhone palsu. Selalu pastikan untuk membeli dari penjual atau toko resmi yang terpercaya untuk mendapatkan produk asli dan berkualitas.

Example 120x600