Parlemen

Yuriko Kamaru Sentil Angka Pengangguran yang Meningkat

×

Yuriko Kamaru Sentil Angka Pengangguran yang Meningkat

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi 1 Deprov, Yuriko Kamaru Minta Warga Giat Baca Al-Quran/Hibata.id
Anggota Komisi 1 Deprov, Yuriko Kamaru Minta Warga Giat Baca Al-Quran/Hibata.id

Hibata.id – Anggota DPRD Provinsi Gorontalo Yuriko Kamaru, mengkritik laporan pertanggungjawaban Gubernur tahun 2023. Sebab, laporan Gubernur Gorontalo perlu dikaji dan diskusikan bersama oleh seluruh elemen.

Yuriko Kamaru menyoroti beberapa poin penting yang mungkin disarankan untuk menjadi perhatian serius pemerintah. Salah satu poin yang menjadi sorotan terkait dengan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan peningkatan minat dan lama sekolah.

“Dalam paparan yang disampaikan oleh Gubernur justru diiringi dengan meningkatnya tingkat pengangguran terbuka secara signifikan di Provinsi Gorontalo,” kata Yuriko.

Baca Juga:

Gorontalo Tercepat Proses Rekapitulasi Hasil Suara Pemilu 2024

Paris Jusuf Minta KPU dan Bawaslu Selesaikan Protes dari Peserta Pemilu

Pertanyaan yang muncul dari tanggapan tersebut adalah, mengapa peningkatan IPM dan pendidikan tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang memadai.

“Meskipun terjadi peningkatan dalam hal IPM dan pendidikan, namun ketersediaan lapangan kerja masih persoalan,” ujarnya

“Tentu saja hal ini menjadi kontradiksi yang perlu menjadi perhatian serius pemerintah,” ungkapnya.

Menurutnya, kondisi ini menjadi tanggung jawab bersama, mulai dari gubernur dan seluruh elemen pemerintah. Bagaimana mencari solusi untuk mengatasi angka pengangguran yang masih cukup tinggi di Provinsi Gorontalo.

“Perubahan positif yang diharapkan tidak hanya dalam hal peningkatan IPM dan pendidikan, tetapi juga dalam menciptakan lapangan kerja yang memadai bagi masyarakat,”  ujar Politisi Nasdem ini.

Oleh sebab itu, bagi Yuriko, mencari solusi yang tepat menjadi satu poin penting. Ia berharap, memerintah dapat menemukan indikator yang mampu menjadikan beberapa elemen tersebut, tidak lagi bertolak belakang atau kontradiktif.

“Diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik antara pemerintah, lembaga terkait, dan masyarakat dalam menyelesaikan permasalahan ini. Penyelesaian yang efektif akan membawa dampak positif bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Gorontalo secara keseluruhan,” pungkasnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Ismail Pakaya menyampaikan dari beberapa target sasaran pembanguan yang mengalami peningkatan.

Dirinya mengapresiasi seluruh pihak terkait. Walaupun beberapa capaian pembangunan yang telah diraih masih belum maksimal, ia tetap memberikan penghargaan dan terima kasih.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Gorontalo, saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD serta seluruh pihak yang telah bersama-sama dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan untuk kemajuan Gorontalo,” ia menandasan.

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600