Wisata

Ayo Kunjungi Santorini, Destinasi Wisata Baru di Kota Gorontalo

248
×

Ayo Kunjungi Santorini, Destinasi Wisata Baru di Kota Gorontalo

Sebarkan artikel ini
Wisatawan lokal yang sedang mengunjungi Santorini, Kawasan Kumuh yang Disulap jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Gorontalo. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)
Wisatawan lokal yang sedang mengunjungi Santorini, Kawasan Kumuh yang Disulap jadi Destinasi Wisata Baru di Kota Gorontalo. (Foto: Humas Pemkot Gorontalo)

Hibata.id – Ada yang menarik di bagian Timur Kota Gorontalo. Cukup menempuh 10 menit perjalanan dengan mengendarai kendaraan roda dua, dari lapangan taruna, kita akan sampai di tempat yang dituju.

Tepat bersebelahan dengan jembatan Talumolo, ada sebuah kawasan yang dulunya kumuh kini telah berubah menjadi indah untuk dipandang.

Suasana senja ditambah lagi angin semilir, membuat betah berlama-lama di lokasi. Apalagi, letaknya tepat berada di bibir sungai dan berlatar belakang gunung.

Baca Juga: 7 Destinasi Wisata Akhir Pekan yang Bisa di Kunjungi di Gorontalo

Kawasan itu bernama Santorini atau kawasan Talumolo rindang dan indah. Jika kita berkunjung, ada beberapa titik jalan masuk yang bisa dilalui.

Namun, baik memasuki kawasan Santorini saat sore hari tanpa mengendarai kendaraan atau berjalan kaki. Ada beberapa titik lokasi yang dinilai sangat instagramable.

Feby salah satu pengunjung yang sempat ditemui mengaku datang jauh dari Kecamatan Batudaa, Kabupaten Gorontalo hanya untuk berkunjung ke Santorini, yang ia lihat dari platform digital tiktok.

“Tahu santorini dari TikTok, sudah viral. Kawasan Santorini sudah lebih tertata, lebih bersih, dan instagramable untuk anak muda,” ungkap Feby saat menikmati sore hari di Santorini.

Santorini juga dimanfaatkan warga setempat sebagai peluang usaha UMKM kuliner. Ada yang menjual berbagai kebutuhan peralatan, tertata di sepanjang jalan paving blok Santorini.

Sebagai contoh ialah Yuli, warga lokal yang mulai berjualan di Santorini. Dirinya sangat bersyukur adanya Santorini ini, karena bisa meraup penghasilan dari berjualan di tempat ini.

Baca Juga: Hotel Berbintang di Gorontalo Direkomendasikan Bagi Wisatawan

“Kami merasa senang, banyak pengunjung yang datang dan juga keuntungan berdagang di sini (Santorini),” ungkap Yuli pada Rabu (24/1/2024).

Lebih lanjut, yang juga mengalami perubahan drastis akibat program Santorini adalah rumah warga.

Baca halaman berikutnya…

Example 120x600