Politik

Biografi Anies Baswedan, Calon Presiden yang Diusung NasDem

212
×

Biografi Anies Baswedan, Calon Presiden yang Diusung NasDem

Sebarkan artikel ini
Anies Baswaden/Liputan6/Hibata.id

Hibata.id – Anies Baswedan lahir pada 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat, Indonesia. Ia adalah seorang intelektual, akademisi, dan politisi yang telah aktif terlibat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan dan pemerintahan. Berikut adalah biografi panjang Anies Baswedan:

Latar Belakang Pendidikan:

Anies Baswedan memulai pendidikannya di SDN 05 Pagi Jakarta dan melanjutkan ke SMPN 01 Jakarta. Ia kemudian menempuh pendidikan di SMA 06 Jakarta. Setelah lulus dari SMA, Anies melanjutkan studinya di Universitas Gadjah Mada (UGM) di Yogyakarta, di mana ia memperoleh gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1992. Anies tidak berhenti di situ, melainkan melanjutkan pendidikannya ke luar negeri.

Anies melanjutkan pendidikan pascasarjana di Universitas Northwestern, Amerika Serikat, dan meraih gelar master dalam bidang Ilmu Kependidikan pada tahun 1998. Ia kemudian meraih gelar doktor dalam bidang Kebijakan Pendidikan di Universitas Northern Illinois pada tahun 2003.

Karir Akademis:

Setelah menyelesaikan pendidikan doktoralnya, Anies Baswedan kembali ke Indonesia dan aktif di dunia akademis. Ia menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Paramadina, tempat ia kemudian menjabat sebagai Dekan.

Karir di Organisasi Internasional:

Sebelum terjun ke dunia politik, Anies Baswedan memiliki karir yang cemerlang di organisasi internasional. Ia pernah menjadi Direktur Eksekutif di Kemitraan Dunia-Bank untuk Pendidikan di Washington, DC, dan juga menjabat sebagai Ketua Konsorsium Kebijakan Pendidikan di Bank Dunia.

Karir Politik:

Anies Baswedan memasuki dunia politik pada tahun 2014 ketika ia diangkat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di bawah pemerintahan Presiden Joko Widodo. Sebagai menteri, ia mengimplementasikan berbagai program reformasi pendidikan.

Pada tahun 2017, Anies memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dalam Pemilihan Umum Gubernur DKI Jakarta 2017. Dengan didukung oleh Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur, Anies berhasil memenangkan pemilihan dan dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2017.

Kepemimpinan sebagai Gubernur DKI Jakarta:

Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan fokus pada sejumlah program pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ia juga terlibat dalam berbagai inisiatif untuk memajukan sektor pendidikan dan lingkungan di ibu kota.

Kehidupan Pribadi:

Anies Baswedan adalah seorang yang berkepribadian tenang dan dikenal sebagai pemikir kritis. Meskipun terlibat dalam dunia politik yang kadang kontroversial, Anies tetap mempertahankan reputasinya sebagai seorang intelektual yang peduli terhadap pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Ia menikah dengan Fery Farhati Ganis dan dikaruniai empat anak.

Example 120x600