Penulis: Inkrianto Mahmud (Lulusan pada Progam Magister Manajemen Sekolah Bisnis, IPB University – Ketua Bidang Ekonomi dan Partisipasi Pembangunan Daerah HMI Badko Sulut-Go)
Meski transportasi online Maxim di Gorontalo terbilang murah harga pembayarannya. Masyarakat harus penuh kehati-hatian untuk menggunakan ojek online tersebut. Hampir dua bulan saya menggunakan Maxim di Gorontalo baik Bentor maupun Motor, hanya beberapa pengemudi menggunakan identitas berupa jaket maupun helm di dalam beraktivitas mengantarkan penumpang. Saya tidak tau apakah keterbatasan ketersediaan identitas yang diberikan oleh pihak perusahaan atau mungkin driver ojek online tersebut tidak mau menggunakan identitas tersebut.
Branding dan Promosi Ojek Online Maxim di Gorontalo
Kota Gorontalo adalah kota ke 35 di Indonesia yang menjadi pilihan untuk layanan ojek online di dalam menjawab tantangan zaman antara kebutuhan dan kemudahan pelanggan atau masyarakat Gorontalo. Keberlanjutan bisnis transportasi online ini mesti terus dievaluasi, karena branding transportasi online Maxim di Gorontalo salah satu bentuk driver untuk mengenalkan merek kepada masyarakat Gorontalo. Setiap kali pengemudi mengenakan jaket identitas Maxim, itu juga membantu mempromosikan merek Maxim kepada masyarakat sekitar, baik di jalan atau saat berhenti di lokasi tertentu.
American Marketing Association (AMA) mendefinisikan brand sebagai “sebuah nama, istilah, tanda, simbol, desain atau sebuah kombinasi itu semua, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari salah satu orang/kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikan mereka dari para pesaing yang ada. (Kotler & Keller, 2012).
Branding merupakan kegiatan memperkenalkan produk atau jasa dengan berani melalui kekuatan merek yang dimiliki. Tentang bagaimana menciptakan diferensiasi antar produk. Branding membangun mental structures yang membantu konsumen mengatur pemahaman mereka mengenai produk dan jasa melalui cara yang pada akhirnya akan mempermudah mereka dalam pengambilan keputusan dan dalam prosesnya, menyediakan nilai bagi perusahaan (Kotler & Keller, 2012).
Padahal, jaket resmi atau identitas yang diberikan oleh perusahaan transportasi online Maxim di Gorontalo, untuk meningkatkan visilibitas layanan Maxim, membantu platform ini lebih dikenal jauh di kalangan masyarakat lokal Gorontalo. Hal ini juga berfungsi sebagai bentuk branding efektif, serta membantu menciptakan suasana lebib profesional dan teratur dalam operasional transportasi online seperti di kota-kota besar di Indonesia.
Pengemudi yang Tidak Menggunakan Identitas Maxim di Gorontalo
Diberbagai platform transportasi online, termasuk Maxim, mengharuskan pengemudi untuk memakai atribut tertentu sebagai bagian dari peraturan internal perusahaan. Hal tersebut, memastikan keseragaman dan kemanan di dalam berakfititas sehari-hari. Padahal, identitas ini dapat berpengaruh pada kualitas layanan secara keseluruhan bagi masyarakat di Gorontalo. Identitas ini menghindari kebingungan masyarakat saat memesan. Bagi pelanggan, jaket dengan identitas resmi juga mengurangi risiko terkena penipuan, seperti memilih kendaraan yang tidak resmi atau palsu.
Contoh kasus, pada 6 Oktober, salah satu pegawai di Pemerintah Provinsi Gorontalo kehilangan kepercayaan terhadap ojek online di Gorontalo, dikarenakan memesan salah satu pesanan di Limboto saat melakukan transaksi, pengemudi memblokir kontak pelanggan padahal pelanggan sudah bertransaksi dengan pengemudi. Hal ini yang menjadi perhatian oleh perusahaan bagaimana keterbukaan dan tanggungjawab perusahaan.
Keberadaan transportasi online di Gorontalo sebagai kemajuan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat lokal di Gorontalo. Namun, kita harus mengantisipasi angka kriminal di kalangan masyarakat Gorontalo. Raditha Hapidentitas merek menciptakan identitas khusus pada sebuah merek dengan memperkuat perspektif merek dalam merepresentasikan konsep masyarakat, organisasi, simbol, dan produk. Kemudian memahami identitas inti produk dan menyesuaikannya dengan kebutuhan setiap segmen pasar (Raditha Hapsari, 2020).
Pada prinsipnya, tulisan ini semata-mata membangun keberlanjutan transportasi online di Gorontalo lebih baik kedepan. Terima Kasih.