Kesehatan

Dampak Jika Terlalu Sering Minum Teh Manis Secara Berlebihan

80
×

Dampak Jika Terlalu Sering Minum Teh Manis Secara Berlebihan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Teh Manis/Hibata.id/Ai

Hibata.id  – Mengonsumsi teh manis secara berlebihan dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan. Beberapa dampak negatif dari sering mengonsumsi teh manis termasuk:

Baca Juga: Dampak Buruk Jika Terlalu Lama Main Handphone Hingga Larut Malam

  1. Peningkatan Kadar Gula: Teh manis biasanya mengandung tambahan gula, yang dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Peningkatan gula darah yang berkepanjangan dapat berkontribusi pada risiko diabetes tipe 2.
  2. Kenaikan Berat Badan: Gula dalam teh manis menyumbang pada asupan kalori tambahan. Mengonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya seperti obesitas.
  3. Masalah Kesehatan Gigi: Gula dalam teh manis dapat menjadi penyebab kerusakan gigi dan meningkatkan risiko kerusakan gigi seperti gigi berlubang dan pembentukan plak.
  4. Risiko Kesehatan Jantung: Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Gula tambahan dalam teh manis dapat berkontribusi pada peningkatan kadar trigliserida dan kolesterol LDL (kolesterol jahat).
  5. Kecanduan Gula: Gula dalam teh manis dapat menyebabkan kecanduan gula, yang dapat sulit untuk dikendalikan. Kecanduan gula dapat memengaruhi pola makan dan kesehatan secara keseluruhan.

Disarankan untuk mengonsumsi teh tanpa tambahan gula atau dengan jumlah gula yang minimal, atau beralih ke alternatif yang lebih sehat seperti teh herbal tanpa gula atau pemanis buatan yang rendah kalori.

Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau khawatir tentang dampak kesehatan dari pola makan Anda, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli gizi.

Example 120x600