Kesehatan

Mengenal Superfood, Kriteria dan Jenisnya

232
×

Mengenal Superfood, Kriteria dan Jenisnya

Sebarkan artikel ini
Makin Dalam Mengenal Superfood, Kriteria dan Jenisnya/Hibata.id
Makin Dalam Mengenal Superfood, Kriteria dan Jenisnya/Hibata.id

Hibata.id – Istilah “superfood” semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menarik perhatian banyak orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Meskipun tidak ada definisi ilmiah yang pasti, superfood umumnya dianggap sebagai makanan yang kaya akan nutrisi dan memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Kriteria dan jenis superfood terus berkembang, namun tujuan utamanya tetap sama: mendukung kesehatan dan kesejahteraan.

Baca Juga:Makanan Segar dan Sehat Untuk Sahur dan Buka Puasa Ramadan

Kriteria Superfood

Superfood memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakannya dari makanan lain. Pertama, mereka kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang esensial bagi kesehatan tubuh.

Kedua, superfood juga mengandung fitokimia, senyawa tumbuhan yang memiliki efek protektif terhadap berbagai penyakit.

Ketiga, mereka seringkali rendah kalori namun tinggi serat, membuatnya ideal untuk manajemen berat badan. Kriteria ini tidak kaku dan bisa berbeda-beda tergantung pada pandangan ahli gizi dan kesehatan.

Jenis-Jenis Superfood

Berikut ini adalah beberapa contoh superfood yang telah diakui karena kandungan nutrisinya yang luar biasa:

  1. Buah Beri – Termasuk blueberry, strawberry, dan acai berry, kaya akan antioksidan, vitamin, dan serat. Antioksidan dalam buah beri dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.
  2. Kacang dan Biji-Bijian – Seperti chia seeds, flaxseed, dan almond, yang menyediakan protein nabati, lemak sehat, serat, dan berbagai vitamin dan mineral. Mereka baik untuk kesehatan jantung dan dapat membantu mengontrol berat badan.
  3. Sayuran Hijau – Kale, bayam, dan brokoli adalah beberapa contoh sayuran hijau yang dianggap superfood. Mereka kaya akan vitamin A, C, K, dan mineral seperti kalsium dan besi. Sayuran hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Baca Juga: Tujuh Resep Opor Ayam Spesial Empuk, Sajian Menu Ramadhan

  1. Ikan Berlemak – Salmon, mackerel, dan sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, yang esensial untuk kesehatan otak dan jantung.
  2. Kunyit – Dikenal karena kandungan curcumin-nya yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, kunyit menjadi bumbu yang tidak hanya meningkatkan rasa makanan tetapi juga menawarkan manfaat kesehatan.
  3. Quinoa – Dianggap sebagai “super grain,” quinoa adalah sumber protein lengkap, yang berarti mengandung semua sembilan asam amino esensial. Quinoa juga kaya serat, besi, dan magnesium.

Penting untuk diingat bahwa mengonsumsi beragam makanan dari berbagai kelompok adalah kunci untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Tidak ada satu makanan pun yang dapat menyediakan semua yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi pada tingkat optimal. Sehingga, mengintegrasikan superfood ke dalam diet seimbang dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Superfood menawarkan berbagai manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi yang tinggi. Dengan memasukkan superfood ke dalam diet sehari-hari, individu dapat mendukung kesehatan dan kesejahteraan mereka.

Namun, penting untuk mengingat bahwa tidak ada makanan ajaib, dan pola makan seimbang yang mencakup berbagai jenis makanan masih merupakan pendekatan terbaik untuk menjaga kesehatan.

Example 120x600