Politik

Prabowo Subianto, Tokoh Politik yang Terlibat dalam Peristiwa Reformasi

147
×

Prabowo Subianto, Tokoh Politik yang Terlibat dalam Peristiwa Reformasi

Sebarkan artikel ini

Hibata.id – Prabowo Subianto adalah seorang politisi, pengusaha, dan perwira tinggi militer Indonesia yang lahir di Jakarta pada tanggal 17 Oktober 1951. Prabowo merupakan anak ketiga dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Prabowo menempuh pendidikan militer di Akademi Militer Nasional (AMN) Magelang pada tahun 1970 hingga 1974. Setelah lulus, Prabowo bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat.

Dalam kariernya di Kopassus, Prabowo pernah menjabat sebagai Komandan Peleton, Komandan Kompi, Wakil Komandan Detasemen-81, Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara Kostrad, dan Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad.

Pada tahun 1996, Prabowo dilantik menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Saat itu, Prabowo berusia 45 tahun dan merupakan Panglima Kostrad termuda dalam sejarah.

Pada tahun 1998, Prabowo menjadi salah satu tokoh yang terlibat dalam peristiwa Reformasi. Prabowo sempat ditahan oleh pemerintah Habibie atas tuduhan pelanggaran HAM. Namun, Prabowo akhirnya dibebaskan tanpa diadili.

Setelah keluar dari penjara, Prabowo terjun ke dunia politik. Pada tahun 2004, Prabowo mendirikan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Prabowo maju sebagai calon presiden dalam Pemilihan Umum 2009, 2014, dan 2019. Namun, Prabowo selalu gagal memenangkan pemilihan presiden.

Pada tahun 2019, Prabowo diangkat menjadi Menteri Pertahanan Indonesia oleh Presiden Joko Widodo. Prabowo menjabat sebagai Menteri Pertahanan hingga saat ini.

Prabowo dikenal sebagai sosok yang tegas dan berwibawa. Ia juga dikenal sebagai sosok yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap pertahanan dan keamanan negara.

Prabowo menikah dengan Siti Hediati Hariyadi pada tahun 1983. Dari pernikahan tersebut, Prabowo dikaruniai seorang putra bernama Didit Prabowo.

Example 120x600