Bone Bolango

Rachmat Gobel Bantu Pemkab Bone Bolango Soal Pertumbuhan Ekonomi

104
×

Rachmat Gobel Bantu Pemkab Bone Bolango Soal Pertumbuhan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Ketua Ketua DPR RI Rachmat Gobel saat berpose bersama Bupati Merlan S. Uloli, Sekda Ishak Ntoma, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD, serta Camat se Kabupaten Bone Bolango dalam kunjungan silaturahminya di Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Pendopo Bandayo Rumah Dinas Bupati, Selasa (20/2/2024). (F.Tim IKP)/Hibata.id

Hibata.id – Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel siap membantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango untuk membangun pondasi pertumbuhan ekonomi di daerah.

Rachmat Gobel mengatakan, Kabupaten Bone Bolango khususnya Provinsi Gorontalo merupakan kampung halamannya penting untuk dibangun. Dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk menjadi satu nilai tambah yang besar.

Gorontalo ini selalu menyampaikan kita ini miskin nomor lima berdasarkan data BPS. Bahkan pada rapat kabinet, Presiden mengatakan mendapatkan laporan Gorontalo itu pertumbuhan ekonominya luar biasa di atas rata-rata nasional dan APBD-nya pun naik. Tapi Presiden bertanya kenapa tingkat kemiskinannya nomor lima.

“Waktu itu ada Menteri yang telfon dan mengatakan ini harus menjadi perhatian apalagi saya sebagai anggota DPR RI,”kata Rachmat Gobel saat melakukan kunjungan silaturahmi di Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, di Pendopo Bandayo Rumah Dinas Bupati, Selasa (20/2/2024).

Kondisi ini menurut Rachmat adalah sesuatu yang sangat memalukan ditengah kebanggaan daerah dengan pertumbuhan ekonomi tapi kenyataannya terus menjadi daerah termiskin kelima. Ia pun menambahkan sempat mencari tahu perhitungan BPS untuk mengukur tingkat kemiskinan suatu daerah.

Baca Juga: Merlan: Bantuan PKH dan BPNT Hanya Untuk Warga Miskin

“Tapi terlepas dari itu semua, faktanya kita lima termiskin. Ketika saya berkeliling daerah dalam masa reses dan kunjungan khusus sebagai Wakil Ketua DPR RI, saya lihat memang potret kemiskinan itu ada. Saya tidak tahu apakah pemerintah paham soal ini dimana masih banyak rumah gubuk atau rumah-rumah yang belum layak ditinggal oleh masyarakat,”ujarnya.

Ia pun menjelaskan untuk memecahkan persoalan kemiskinan dan membangun pondasi pertumbuhan ekonomi didaerah, dirinya memiliki konsep untuk membangun kawasan ekonomi khusus sebagai industri pangan dengan memanfaatkan lahan pertanian yang begitu luas.

“Kemarin saya mulai membuat demplot di tanah yang tidak ada pengairannya, dengan menggunakan pupuk dan bibit non subsidi yang berkualitas. Alhamdulillah pendapatan petani naik dua kali lipat. Terakhir kemarin saya coba dengan singkong dimana satu batang pohon bisa menghasilkan 30 kg. Kalau 1 hektare ada 10.000 pohon bisa menghasilkan singkong 300ribu kg dan kalau dijual seribu rupiah perkilo bisa dapat 300 juta dalam setahun,”jelasnya.

Dalam sektor wisata pun Rachmat yang memilik background sebagai pengusaha tersebut mulai melakukan pengembangan di Objek Wisata Danau Perintis Bone Bolango. Disana dibangun sebuah replika kapal berukuran besar beserta landasannya sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan, pertumbuhan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja.

Sementara itu, Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli mengapresiasi strategi dan mimpi Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel untuk Bone Bolango dengan gerak yang begitu cepat. Dirinya pun berharap untuk 5 tahun kedepan semakin banyak lagi program-program dari Rachmat Gobel yang bisa membantu pembangunan di Bone Bolango.

“Kami sangat berharap kalau boleh anggaran kami dari pusat bisa bertambah supaya kita punya anggaran yang sangat minimalis ini bisa diperluas untuk kita bergerak,”tukas Bupati Merlan S. Uloli yang turut didampingi Sekda Ishak Ntoma.

Example 120x600