Editorial

Warga Gorontalo Diminta Tak Konsumsi Kurma Israel Saat Ramadhan

259
×

Warga Gorontalo Diminta Tak Konsumsi Kurma Israel Saat Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Buah Kurma Foto: Republika/Hibata.id
Buah Kurma Foto: Republika/Hibata.id

Hibata.id – Sudah menjadi tradisi, buah kurma menjadi makanan yang wajib ada setiap bulan Ramadhan. Baik disantap saat sahur, maupun saat berbuka puasa.

Meski begitu, umat muslim di Gorontalo diminta hati-hati membeli kurma. Apalagi harus mengkonsumsi kurma yang berasal dari Israel.

Imbauan ini disampaikan oleh Rahmad Ibrahim yang juga Ketua Komunitas Peduli Palestina di Gorontalo. Sikap tegas ini sebagai bentuk solidaritas komunitas kecil ini terhadap Palestina.

Baca Juga

Tanda-Tanda 1 Ramadhan Berdasarkan Pengalaman Spiritual

Strategi Pintar Menghemat Uang di Bulan Ramadhan

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1445 H Jatuh pada Selasa 12 Maret 2024

Dirinya mengaku, saat ini kurma menjadi salah satu komoditas ekspor utama Israel ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Kekhawatirannya pembelian kurma dari Israel secara tidak langsung mendukung ekonomi negara yang masih terus menjajah Palestina.

“Kami mengajak umat Islam untuk berempati dan mendukung saudara-saudara kita di Palestina dengan cara yang paling mendasar, yaitu memilih produk yang kita konsumsi,” kata Rahmad.

Menurut Rahmat bahwa, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Prof. Sudarnoto Abdul juga sudah menyampaikan hal yang sama jelang Ramadhan.

Dirinya meminta warga Gorontalo membeli alternatif kurma dari negara-negara lain yang bisa dijadikan pilihan untuk sahur dan berbuka puasa.

“Marilah kita tunjukkan solidaritas kita kepada Palestina dengan memilih kurma dari negara-negara sahabat yang juga memberikan dukungan kepada perjuangan rakyat Palestina,” tambahnya.

Dengan harapan bahwa dengan adanya kesadaran ini, dapat memberikan dampak yang lebih luas terhadap dukungan moral dan material bagi Palestina.

Pemerintah Indonesia sendiri telah lama dikenal sebagai salah satu pendukung kuat perjuangan kemerdekaan Palestina. Melalui imbauan ini, diharapkan solidaritas dan dukungan tersebut tidak hanya terwujud dalam bentuk diplomasi, namun juga dalam praktik sehari-hari masyarakat.

“Dengan mendekatnya bulan Ramadhan, umat Islam diharapkan bisa lebih berhati-hati dalam memilih produk. Termasuk kurma, yang tidak hanya baik untuk kesehatan rohani dan jasmani, tetapi juga sebagai wujud nyata dukungan terhadap keadilan dan kemanusiaan,” ia menandaskan.

Example 120x600