Editorial

Apakah Menangis Bisa Membatalkan Puasa?, Berikut Penjelasannya

×

Apakah Menangis Bisa Membatalkan Puasa?, Berikut Penjelasannya

Sebarkan artikel ini
Penjelasan Apakah Menangis Bisa Mebatalkan Puasa/Hibata.id
Penjelasan Apakah Menangis Bisa Mebatalkan Puasa/Hibata.id

Hibata.id – Selama bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas ibadah mereka, termasuk melaksanakan puasa dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

Namun, seringkali muncul pertanyaan dan kekhawatiran mengenai hal-hal yang bisa membatalkan puasa. Termasuk apakah menangis dapat menjadi salah satunya?.

Hibata.id akan menjelaskan lebih lanjut mengenai hal ini berdasarkan pemahaman agama Islam.

Baca Juga:

Yuriko Kamaru Minta Bulan Ramadhan Sebagai Ajang Silaturahmi

Meyke Camaru: Bulan Ramadhan Sebagai Ajang Perenungan Diri

 Apakah Menangis Membatalkan Puasa?

Pertanyaan ini cukup sering diajukan karena banyak orang ingin memastikan bahwa ibadah puasa mereka sempurna di hadapan Allah SWT.

Jawabannya, menangis tidak membatalkan puasa. Islam adalah agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam, dan syariatnya diturunkan dengan mempertimbangkan fitrah manusia, termasuk ekspresi emosional seperti menangis.

Dasar Hukum

Tidak ada dalil dari Al-Qur’an atau Hadits yang menyatakan bahwa menangis dapat membatalkan puasa. Puasa diartikan dalam Islam sebagai menahan diri dari beberapa hal yang dapat membatalkannya, seperti makan, minum, dan hubungan suami istri dari terbit fajar sampai matahari terbenam.

Menangis merupakan reaksi emosional yang tidak terkait dengan hal-hal yang secara eksplisit disebutkan membatalkan puasa dalam syariat Islam.

Penjelasan Lebih Lanjut

Menangis merupakan ekspresi alami yang bisa terjadi karena berbagai alasan, baik itu karena kesedihan, kebahagiaan, atau terharu, terutama ketika beribadah seperti dalam sholat atau saat membaca Al-Qur’an.

Menangis karena rasa takut kepada Allah dan pengharapan atas rahmat-Nya justru dapat meningkatkan kualitas ibadah seorang muslim, termasuk saat berpuasa.

Poin Penting untuk Diperhatikan

Meskipun menangis tidak membatalkan puasa, penting untuk memastikan bahwa air mata yang keluar tidak masuk ke dalam rongga tubuh lainnya yang dapat membatalkan puasa, seperti rongga mulut dan kemudian tertelan.

Hal ini karena menelan sesuatu secara sengaja adalah salah satu dari hal-hal yang membatalkan puasa.

Menangis tidak membatalkan puasa Ramadhan. Sebagai bagian dari ekspresi emosi manusia, menangis merupakan hal yang wajar dan tidak berdampak pada sah atau tidaknya puasa seseorang.

Islam mengajarkan umatnya untuk mengekspresikan perasaan mereka kepada Allah SWT, termasuk melalui air mata, sebagai tanda ketakwaan dan keimanan mereka.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir jika Anda menangis selama berpuasa, selama itu tidak disertai dengan hal-hal yang secara eksplisit dapat membatalkan puasa.

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600