Kuliner

Kuliner Lezat di Kalimantan Tengah yang Akan Menjadi Ibu Kota Baru

×

Kuliner Lezat di Kalimantan Tengah yang Akan Menjadi Ibu Kota Baru

Sebarkan artikel ini
Soto Banjar/Cookpad/Hibata.id

Hibata.id – Kalimantan Tengah merupakan wilayah Ibu Kota Baru. Sebagai bagian dari pulau Kalimantan, memiliki beragam kuliner yang mencerminkan kekayaan budaya dan alamnya. Berikut adalah beberapa kuliner yang terkenal dan dianggap lezat di Kalimantan Tengah:

Baca Juga: 3 Resep Kuliner dengan Bahan Baku Ikan Tongkol Segar

Baca Juga: Daftar Kuliner di Sulawesi Utara yang Wajib Dicoba

  1. Amplang: Amplang adalah camilan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung tapioka dan rempah-rempah. Kemudian, campuran tersebut digoreng hingga kering. Amplang memiliki cita rasa gurih dan sedikit pedas.
  2. Soto Banjar: Soto Banjar adalah versi soto yang berasal dari suku Banjar di Kalimantan Tengah. Soto ini berisi daging sapi, bihun, tauge, dan telur rebus, disajikan dengan kuah yang kaya rempah-rempah.
  3. Ketupat Kandangan: Ketupat Kandangan adalah hidangan khas Kalimantan Tengah yang terbuat dari ketupat (nasi yang dikukus dalam anyaman daun kelapa) dan disajikan dengan kuah kari yang kental, daging sapi, dan telur.
  4. Patin Bakar: Kalimantan Tengah memiliki sungai-sungai yang kaya akan ikan patin. Ikan patin sering kali diolah dengan cara dibakar dan disajikan dengan sambal atau saus khas.
  5. Nasi Birak: Nasi Birak adalah hidangan tradisional Kalimantan Tengah yang terdiri dari nasi yang dibungkus daun pisang dan dimasak dengan kelapa parut serta berbagai rempah-rempah.
  6. Lemang: Lemang adalah hidangan tradisional yang terbuat dari ketan yang dimasak dalam bambu bersama dengan kelapa parut. Hidangan ini sering disajikan bersama dengan rendang atau gulai.
  7. Nasi Tangkahan: Nasi Tangkahan adalah hidangan khas yang berasal dari suku Dayak di Kalimantan Tengah. Nasi ini dimasak bersama dengan bambu, kemudian dihidangkan dengan lauk-pauk tradisional.
  8. Tape Singkong: Tape Singkong adalah makanan ringan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Biasanya, tape singkong memiliki rasa manis dan sedikit beralkohol karena proses fermentasinya.

Kuliner-kuliner di atas mencerminkan kekayaan bahan-bahan alam Kalimantan Tengah dan menciptakan rasa yang unik. Jika Anda berkunjung ke daerah ini, pastikan untuk mencoba variasi kuliner lokal ini untuk merasakan keanekaragaman rasa dan aroma.

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600