Bone Bolango

Mahasiswa dari 43 Kampus di Indonesia Siap Bangun Bone Bolango

218
×

Mahasiswa dari 43 Kampus di Indonesia Siap Bangun Bone Bolango

Sebarkan artikel ini

Hibata.id – Sedikitnya ada 75 mahasiswa Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) dari 43 Perguruan Tinggi di Indonesia siap membangun Bone Bolango lewat program Planner Sustainable.

75 Mahasiswa MSIB tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sumber Daya Alam, Basir Noho.

Selain itu Asisten III Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Marni Nisabu pada apel kerja, di halaman Kantor Bupati Senin (4/3/2024).

Basir Noho mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango telah dua kali terpilih menjadi mitra dari Kemendikbud Ristek Dikti dalam pelaksanaan program magang tersebut.

Baca Juga:

Pilkada Bonebol, Merlan Uloli Masih Kuat Jika Tak Salah Pilih Wakil

Merlan: Bantuan PKH dan BPNT Hanya Untuk Warga Miskin

“Dimana pada MSIB angkatan 5 tahun 2023 dengan program “pertanian konservasi” sebanyak 50 mahasiswa dan MSIB angkatan 6 tahun 2024 sebanyak 75 mahasiswa dari 43 Perguruan Tinggi se-Indonesia dengan program “planner sustainable” yang pelaksanaannya tanggal 16 Februari sampai dengan 30 Juni 2024,”kata Basir.

Basir menjelaskan program ini merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

“Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Program ini diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut,”jelas Basir.

Lebih lanjut Mantan Kepala Bappeda Litbang Bone Bolango itu, menuturkan program ini juga merupakan wujud pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel sehingga tercipta budaya belajar yang inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa.

Dirinya juga mengungkapkan selain program tersebut, Politeknik Pariwisata NHI Bandung telah melaksanakan kedua kalinya program Field Project Study di Kabupaten Bone Bolango.“Saat ini ada 6 (enam) mahasiswa akan melaksanakan riset tentang pengembangan aktivitas wisata alam berbasis perceptual mapping selama 1 bulan,”ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Bone Bolango pun menyampaikan rasa terima kasih atas kepercayaan Kemendikbud Ristek Dikti yang menetapkan sebagai mitra pelaksanaan magang bersertifikat yang kedua kalinya dan menjadi satu-satunya Pemerintah Daerah di Indonesia Timur.

“Apresiasi yang tinggi pula kepada peserta magang dari berbagai perguruan tinggi terbaik di nusantara yang menentukan pilihan untuk berinovasi dan mengabdi melalui kegiatan magang bersertifikat di Kabupaten Bone Bolango,”tutur Basir.

Basir juga menambahkan, Pemerintah Bone Bolango selalu terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pihak dalam pembangunan berkelanjutan dengan menjaga kelestarian lingkungan.

“Saya mengajak kepada seluruh perangkat daerah, kepala desa dan mitra terkait untuk memfasilitasi dan membimbing sepenuhnya kepada mahasiswa agar program berjalan sesuai kurikulum yang telah disusun,”tandasnya.

Example 120x600