Kesehatan

Makan di Atas Jam 20.00 Malam, Sehat atau Tidak? Berikut Perjelasannya

×

Makan di Atas Jam 20.00 Malam, Sehat atau Tidak? Berikut Perjelasannya

Sebarkan artikel ini
ilustrasi Makanan Khas Masyarakat Buol yang Melegendaris (Foto: Bing AI/Hibata.id)
ilustrasi Makanan Khas Masyarakat Buol yang Melegendaris (Foto: Bing AI/Hibata.id)

Hibata.id – Di tengah kegiatan yang padat dan gaya hidup yang sibuk, seringkali kita menemukan diri kita makan malam di atas pukul 20.00 malam.

Pertanyaannya, apakah ini sehat? Apakah waktu makan yang terlambat seperti itu memiliki dampak negatif bagi kesehatan kita? Dalam artikel ini, kita akan mengulas secara mendalam tentang apakah makan malam setelah jam 20.00 sehat atau tidak, serta faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan.

1. Pengaruh Waktu Makan Terhadap Metabolisme

Waktu makan sebenarnya memiliki pengaruh signifikan terhadap metabolisme tubuh. Saat malam tiba, metabolisme tubuh kita cenderung melambat karena persiapan untuk istirahat.

Makan terlalu larut malam bisa mengganggu ritme alami tubuh dan mengganggu proses metabolisme yang seharusnya. Ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Menjaga Energi Selama Berpuasa, Berikut Makanan yang Disarankan Ketika Sahur

2. Pilihan Makanan yang Tersedia

Makan malam di atas jam 20.00 seringkali membuat pilihan makanan kita menjadi kurang sehat. Kita mungkin cenderung memilih makanan cepat saji atau camilan yang tinggi lemak dan gula untuk memenuhi rasa lapar yang mendadak. Konsumsi makanan yang tidak sehat secara teratur dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca halaman berikutnya…

**Cek berita, artikel, dan konten yang lain di GOOGLE NEWS
Example 120x600