Bone Bolango

Setelah 6 Tahun, Bonebol Terima Penghargaan Piala Adipura

312
×

Setelah 6 Tahun, Bonebol Terima Penghargaan Piala Adipura

Sebarkan artikel ini
Bupati Merlan S. Uloli menerima penghargaan Piala Adipura tahun 2023 dari KLHK Republik Indonesia, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (5/3/2024)./Hibata.id
Bupati Merlan S. Uloli menerima penghargaan Piala Adipura tahun 2023 dari KLHK Republik Indonesia, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (5/3/2024)./Hibata.id

Hibata.id – Setelah vakum selama enam tahun, Kabupaten Bone Bolango kembali menerima penghargaan Adipura.

Penghargaan ini merupakan rangkaian kerja-kerja maksimal Merlan Uloli sebagai Bupati Bone Bolango dalam menggiatkan kebersihan lingkungan.

Bagi Merlan Uloli, penghargaan Piala Adipura Tahun 2023 ini merupakan buah kerja keras berbagai pihak, baik itu masyarakat, petugas kebersihan, dan pihak-pihak yang terlibat secara sukarela.

Baca Juga:

Bupati Merlan Targetkan Tengkes di Bonebol Tuntas dalam Setahun

Mahasiswa dari 43 Kampus di Indonesia Siap Bangun Bone Bolango

“Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, OPD, dan para petugas kebersihan yang mau sama-sama menjaga kebersihan di Bone Bolango,” kata Merlan.

“Alhamdulillah pada hari ini Pemerintah Kabupaten Bone Bolango bisa meraih kembali Piala Adipura setelah 6 tahun yang lalu menerima untuk pertama kali. Jadi ini adalah Adipura yang kedua untuk Kabupaten Bone Bolango,”ujarnya usai menerima penghargaan Piala Adipura, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Merlan menambahkan bahwa sebelumnya Pemda Bone Bolango tidak menduga akan mendapatkan penghargaan Piala Adipura tersebut.

”Ini sebenarnya di luar dugaan. Kami memang menggiatkan bersih-bersih lingkungan. Karena saya meyakini, kebersihan merupakan sebagian dari iman,”tambah Merlan.

Merlan menuturkan sewaktu masih menjadi Wakil Bupati, ia telah mendapatkan tugas khusus dari Bupati Hamim Pou untuk fokus menata dan menjaga kebersihan di Bone Bolango.

”Jadi saya sangat bersyukur sekali atas penghargaan ini. Terus terang sejak saya Wakil Bupati, itu mendapatkan kewenangan dari pak Bupati Hamim Pou, salah satunya itu adalah bagaimana saya harus bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan dan sampai menghasilkan Adipura,”tutur Merlan Uloli.

Baca Juga:

Pilkada Bonebol, Merlan Uloli Masih Kuat Jika Tak Salah Pilih Wakil

Kabar Pasangan Merlan-Syamsu di Pilkada Bone Bolango

Ia pun mengungkapkan Piala Adipura ini menjadi jawaban atas komitmen dirinya untuk tugas kewenangan yang diberikan adalah untuk menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan Kabupaten Bone Bolango dan hasilnya hari ini kita terima.

“Saya berharap bukan karena Adipura kita menjaga kebersihan, tapi kebersihan itu adalah sebagian dari iman, juga kebersihan itu adalah bagian dari untuk menjaga kesehatan masyarakat Bone Bolango. Jadi mau ada Adipura dan tidak, kesehatan menjadi komitmen saya untuk Bone Bolango terus menjaga kebersihan lingkungannya,”ungkap Bupati Merlan.

Sementara itu, penyerahan penghargaan Piala Adipura tersebut turut dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Kegiatan ini menjadi ajang bergengsi yang ditunggu oleh setiap kepala daerah.

Dalam sambutannya Ma’ruf Amin, menyatakan bahwa penghargaan ini bisa menjadi katalisator untuk membangun kesadaran hidup bersih di masyarakat, sekaligus meneguhkan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“Harapannya penghargaan ini bisa mendorong target pemerintah pusat untuk mencapai zero waste dan zero emition di 2050,”harap Ma’ruf Amin.

Example 120x600