Kesehatan

Tips Sehat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

188
×

Tips Sehat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Tips Sehat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan/Hibata.id
Tips Sehat dalam Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Hibata.id – Bulan Ramadhan adalah momen yang ditunggu-tunggu bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam menjalankan ibadah puasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Selain sebagai bentuk ibadah, puasa Ramadhan juga memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa. Namun, agar puasa Ramadhan berjalan lancar dan tetap sehat, diperlukan beberapa tips kesehatan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa tips sehat dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan:

1. Sarapan Sahur yang Bergizi

Sahur adalah makanan yang dikonsumsi sebelum fajar menyingsing untuk mempersiapkan tubuh menjalani puasa seharian. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral.

Baca Juga:

Baznas Bonebol Launching Kantin Ramadhan Program Microfinance, Apa Itu?

Plat Nomor Kendaraan Termodifikasi, Siap-Siap Kena Denda

Contohnya adalah oatmeal, telur, sayuran, dan buah-buahan. Hindari makanan yang berlemak dan berkalori tinggi karena dapat membuat Anda cepat lapar saat puasa.

2. Konsumsi Air yang Cukup

Pastikan untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka. Dehidrasi dapat menyebabkan penurunan konsentrasi dan energi, sehingga mempengaruhi produktivitas selama puasa.

Hindari minuman berkafein dan bersoda karena dapat menyebabkan dehidrasi. Lebih baik pilih air putih atau jus buah segar sebagai minuman utama.

Baca halaman berikutnya…

Example 120x600