Scroll untuk baca berita
Teknologi

Lonjakan Trafik Nataru Mengintai, Indosat Tambah Kapasitas Jaringan 20 Persen

Avatar of Hibata.id✅
×

Lonjakan Trafik Nataru Mengintai, Indosat Tambah Kapasitas Jaringan 20 Persen

Sebarkan artikel ini
Menjelang periode Natal dan Tahun Baru, Indosat memastikan kesiapan jaringan untuk menghadirkan pengalaman digital yang andal bagi seluruh pelanggan di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi. Komitmen ini sejalan dengan semangat Indosat ANDAL: Ada Nyata di Setiap Langkah, yang diwujudkan melalui kehadiran jaringan yang kuat dan responsif bagi masyarakat di mana pun mereka berada/Hibata.id
Menjelang periode Natal dan Tahun Baru, Indosat memastikan kesiapan jaringan untuk menghadirkan pengalaman digital yang andal bagi seluruh pelanggan di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi. Komitmen ini sejalan dengan semangat Indosat ANDAL: Ada Nyata di Setiap Langkah, yang diwujudkan melalui kehadiran jaringan yang kuat dan responsif bagi masyarakat di mana pun mereka berada/Hibata.id

Hibata.id – Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi nasional menjelang periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) untuk menjaga kualitas layanan di tengah lonjakan kebutuhan komunikasi digital masyarakat.

Sebagai bagian dari komitmen menghadirkan konektivitas yang andal, Indosat meningkatkan kapasitas jaringan hingga 20 persen dibandingkan rata-rata harian. Penguatan ini ditopang oleh lebih dari 210.000 BTS 4G dan 5G, termasuk pengoperasian Mobile BTS (MBTS) yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Optimalisasi jaringan difokuskan pada lebih dari 500 titik aktivitas utama, seperti bandara, pelabuhan, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, dan destinasi wisata.

Selain itu, penguatan juga dilakukan di 55 rute strategis, mencakup jalan tol, jalur perkotaan, hingga lintasan kereta api, guna memastikan konektivitas tetap stabil selama mobilitas masyarakat meningkat pada libur akhir tahun.

Baca Juga:  Peran Perempuan di STEM Jadi Google Doodle Hari Ini

Pada periode ini, Indosat mengimplementasikan AIvolusi5G, teknologi berbasis kecerdasan artifisial (Artificial Intelligence/AI) yang terintegrasi dengan jaringan 5G.

Teknologi ini memungkinkan pengelolaan jaringan yang lebih cerdas, adaptif, dan responsif terhadap lonjakan trafik.

Indosat juga memperkuat perlindungan pelanggan melalui fitur anti-spam dan sistem penyaring ancaman digital. Upaya tersebut dibarengi dengan peningkatan literasi keamanan siber masyarakat, salah satunya melalui kampanye SMS blast, untuk mengedukasi pelanggan mengenai perilaku digital yang aman selama periode peningkatan penggunaan layanan internet.

Seluruh proses pemantauan jaringan dilakukan secara terpusat melalui Digital Intelligence Operation Center (DIOC). Pusat operasi berbasis AI ini memungkinkan penyesuaian kapasitas jaringan secara real-time dan otomatis, sehingga kualitas layanan tetap terjaga di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga:  Twitter Memiliki Saingan baru yaitu sebuah Platform yang dibuat oleh Meta

President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan, periode akhir tahun menjadi momen penting bagi masyarakat untuk tetap terhubung.

“Di tengah meningkatnya kebutuhan komunikasi, kami berkomitmen menghadirkan layanan yang benar-benar andal. Semangat Indosat ANDAL tercermin dari kesiapan tim yang bekerja sepanjang waktu dengan dukungan teknologi AI agar konektivitas tetap stabil dan menjangkau pelanggan di berbagai kondisi,” kata Vikram.

Sebagai penguatan tambahan, Indosat mengadopsi teknologi Digital Twin dan AI Agent. Digital Twin mereplikasi jaringan secara virtual untuk memproyeksikan kinerja dan topologi jaringan, sementara AI Agent menjalankan diagnosis serta otomatisasi operasional secara kolaboratif. Kombinasi ini membentuk sistem operasi jaringan yang bersifat otonom dan presisi.

Baca Juga:  Komdigi Bikin Regulasi: Beli HP Bekas Wajib Balik Nama, Mirip Kendaraan

Dari sisi operasional, Indosat mengaktifkan posko mandiri serta berpartisipasi dalam Posko Gabungan Komdigi di sejumlah titik dengan tingkat kunjungan pelanggan tinggi.

Posko tersebut beroperasi mulai 19 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026, dan secara resmi diluncurkan melalui upacara pelepasan di kantor Komdigi.

Berbagai langkah tersebut memungkinkan Indosat menganalisis pola kebutuhan jaringan secara lebih akurat. Proyeksi menunjukkan aktivitas digital selama akhir tahun meningkat double digit dibandingkan hari biasa, didorong oleh penggunaan WhatsApp, TikTok, Instagram, YouTube, serta gim daring di wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jabodetabek, Jawa non-Jabodetabek, hingga Bali dan Nusa Tenggara.

**Cek berita dan artikel terbaru di GOOGLE NEWS dan ikuti WhatsApp Channel