Kesehatan

Dampak dan Risiko Kesehatan Tidur Setelah Makan Sahur

216
×

Dampak dan Risiko Kesehatan Tidur Setelah Makan Sahur

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Tidur/Hibata.id
Ilustrasi Tidur/Hibata.id

Hibata.id – Saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, sahur menjadi momen penting untuk mengisi energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menjalani puasa seharian penuh.

Namun, seringkali muncul kebiasaan untuk langsung tidur setelah sahur tanpa melakukan aktivitas lainnya. Apakah Anda termasuk yang sering melakukan ini? Artikel ini akan membahas dampak dan risiko dari kebiasaan tersebut.

1. Gangguan Pencernaan

Usai makan sahur, tubuh akan langsung berfokus untuk mencerna makanan yang telah dikonsumsi. Jika Anda langsung tidur setelah sahur, pencernaan makanan bisa menjadi terganggu. Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: Menjaga Energi Selama Berpuasa, Berikut Makanan yang Disarankan Ketika Sahur

2. Gangguan Tidur

Tidur langsung setelah makan sahur bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Proses pencernaan yang masih berlangsung saat Anda tidur bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, serta meningkatkan risiko terbangun karena rasa kenyang atau masalah pencernaan.

3. Kenaikan Berat Badan

Tidur langsung setelah sahur dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Ketika tidur, tubuh cenderung memperlambat metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi tidak terbakar dengan efisien. Ini bisa menyebabkan penumpukan lemak dan kenaikan berat badan jika kebiasaan ini terjadi secara terus-menerus.

Baca halaman berikutnya…

Example 120x600